Satu karyawan Indogrosir Positif Corona Dirawat di RSUD Wates

Ilustrasi. - Antarafoto/Aswaddy Hamid
11 Mei 2020 18:57 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjoga.com, KULONPROGO--Dinas Kesehatan Kulonprogo menyatakan ada penambahan jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) positif COVID-19 di Kulonprogo yang semula sebanyak tujuh orang (data akumulatif), kini menjadi delapan orang. Satu pasien tambahan itu berasal dari kluster Indogrosir.

"Ada penambahan satu kasus positif, pasien berjenis kelamin perempuan, 33 asal Kapanewon Nanggulan. Pasien tersebut merupakan karyawan Indogrosir dan kini sudah dirawat di RSUD Wates," kata Juru Bicara Pusat Informasi COVID-19 Dinkes Kulonprogo, Baning Rahayu Jati kepada awak media Senin (11/5/2020) petang.

Perempuan yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kulonprogo ini mengatakan, pihaknya sudah melakukan tracing terhadap keluarga pasien no 8 atau KP-8 itu dan hasilnya non reaktif. "Sementara untuk pemeriksaan terhadap kontak erat lainnya akan dilanjutkan besok siang," ucapnya.

Adapun dua PDP dari kluster Indogrosir yang sebelumnya dirawat di RSUD Wates, masing-masing warga Panjatan dan Kalibawang, sudah diperbolehkan pulang karena berdasarkan hasil tes SWAB dinyatakan negatif corona. Namun demikian keduanya tetap harus menjalani karantina mandiri selama 14 hari.

Terkait tracing dan pemeriksaan terhadap kontak erat PDP positif KP-6, yakni perempuan, 50, asal Kapanewon Samigaluh, sudah dilakukan pada 11 kontak erat dengan hasil non reaktif. "Dan tracing ini masih akan dilakukan kepada kontak erat lainnya," ujar Baning.

Disinggung soal kondisi seluruh pasien positif COVID-19 (KP-2 hingga KP-7)
Baning menyatakan semua pasien dalam keadaan stabil. Mereka hanya tinggal menunggu hasil tes SWAB oleh Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Yogyakarta.

"Terkait kesiapan ruang isolasi, mulai hari ini RSUD Wates sudah siap dengan 16 ruang isolasi, terdiri dari Ruang Gardenia sebanyak enam tempat tidur dan Dahlia 10 tempat tidur," terangnya.