PDI Perjuangan Bantu APD untuk RSUD Jogja

PDI Perjuangan (PDIP) membantu alat perlindungan diri atau APD lengkap untuk tenaga kesehatan di RSUD Jogja. - Ist
20 Mei 2020 22:37 WIB Bernadheta Dian Saraswati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJAPDI Perjuangan (PDIP) membantu alat perlindungan diri atau APD lengkap untuk tenaga kesehatan di RSUD Jogja. Bantuan APD lengkap bagi nakes tersebut diharapkan bisa membantu petugas paramedis di rumah sakit dalam penanganan dan pelayanan Pasien Covid-19 di Jogja.

Endro Sulaksono selaku Sekretaris Gugus Tugas Lawan Covid-19, DPC PDI Perjuangan Kota Jogja menyatakan hingga kini masa tanggap darurat penanganan penyakit menular baru masih butuh keseriusan seluruh pihak agar langkah memutus mata rantai penyebaran virus corona bisa tuntas.

"Tim Gugus Tugas Lawan Covid-19 memberikan dukungan kepada nakes dengan membantu APD lengkap agar petugas kesehatan bisa terlindungi," kata Endro yang juga anggota DPRD Kota Jogja dari Fraksi PDI Perjuangan, dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Rabu (20/5/2020). 

Endro menambahkan warga di Jogja perlu selalu menjalankan protokol kesehatan. Sampai saat ini, dengan adanya transmisi lokal yang terjadi di DIY maka kewaspadaan warga diperlukan.

Penyerahan bantuan dilakukan oleh anggota DPR RI Komisi 10 dari Fraksi PDI Perjuangan dapil DIY, MY Esti Wijayanti yang didampingi oleh Wisnu Sabdono Putra, Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Jogja dan sejumlah pengurus DPC PDI Perjuangan Kota Jogja.

"Semoga APD lengkap ini bisa bantu paramedis bekerja secara aman, nakes berperan penting dan strategis dalam penanganan Covid-19. Kita ingin mendengar juga apa saja yang jadi hambatan selama ini," kata Esti.

Sementara itu, Eko Suwanto selaku Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Jogja menyatakan dalam tujuh langkah pitulungan sesuai rekomendasi yang diberikan kepada pemerintah DIY, selain memperkuat sistem pelayanan rumah sakit untuk penanganan medis, ada kebutuhan dukungan anggaran guna penanganan dan langkah percepatan pencegahan Covid-19.

Pemda harus segera lakukan rapid test bagi masyarakat di pusat keramaian serta tegas memastikan physical distancing di tengah masyarakat.

"Kita mendesak pemerintah agar bisa lakukan percepatan pencegahan Covid-19. Jalankan rapid test di pusat keramaian dan tegas dalam memastikan physical distancing. Ayo saatnya semua elemen masyarakat Yogyakarta berperan aktif dalam gerak langkah pitulungan agar tanggap darurat Covid-19 di DIY berjalan baik. Dukungan anggaran untuk peningkatan sistem pelayanan kesehatan penting diupayakan, kita dorong agar kebijakan anggaran pemda bisa efektif alokasinya," kata Eko Suwanto yang juga Ketua Komisi A DPRD DIY dari fraksi PDI Perjuangan ini. *