Empat Peserta Dinyatakan Reaktif Covid-19

Foto ilustrasi. - ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
20 Mei 2020 20:27 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO - Penyelenggaraan rapid test massal di Kulonprogo pada Rabu (20/5/2020) diikuti sebanyak 217 peserta. Dari jumlah itu, empat peserta diketahui reaktif Covid-19.

"Dari 217 peserta, ada empat yang dinyatakan reaktif, terdiri dari dua pedagang pasar dan dua pengunjung pasar," ujar Juru Bicara Pusat Informasi Covid-19 Dinkes Kulonprogo, Baning Rahayu Jati, kepada awak media, Rabu (20/5/2020) sore.

Penyelenggaraan rapid test massal itu merupakan lanjutan yang kemarin. Pada Senin (19/5/2020), ada tiga peserta yang dinyatakan reaktif dari total 178 peserta. Sehingga jumlah total peserta reaktif sebanyak tujuh orang. Mereka terdiri dari pedagang pasar, karyawan swalayan dan pengunjung pasar atau swalayan.

Terhadap peserta yang dinyatakan reaktif, Dinkes Kulonprogo meminta untuk melakukan karantina mandiri di rumahnya masing-masing selama 14 hari. "Selanjutnya akan dilakukan tes SWAB di RSUD Wates," ucapnya.

Terpisah, Plt Kepala Dinkes Kulonprogo, Sri Budi Utami mengatakan, pihaknya menargetkan bisa memeriksa 500 spesimen selama dua hari penyelenggraan rapid test massal itu. Sementara jumlah total sampai gelaran ini ditutup baru 395 peserta. Sehingga pihaknya berencana menggelar rapid test lanjutan setelah lebaran.

"Kemungkinan setelah lebaran akan digelar rapid test massal lagi," ujarnya.