Advertisement

Jelang Lebaran, Bakul Beringharjo Merana karena Corona

Muhammad Nadhir Attamimi
Kamis, 21 Mei 2020 - 19:17 WIB
Bhekti Suryani
Jelang Lebaran, Bakul Beringharjo Merana karena Corona Suasana Pasar Beringharjo, Jogja, Minggu (19/4/2020). - Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Pasar dan pusat-pusat perbelanjaan di Kota Jogja mulai terlihat ramai jelang Lebaran.

Pantauan pada Kamis (21/1/2020) salah satunya di Pasar Bringharjo. Walaupun mendekati hari raya, kawasan pasar terpantau mengalami peningkatan pengunjung jika dibandingkan beberapa hari sebelumnya di masa pandemi. Namun, peningkatan tersebut dinilai pedagang masih sangat sepi.

Advertisement

"Sepi sekali ini, beberapa hari ini saya hanya jual lima lembar pakaian setiap harinya, kalau hari biasa bisa sampai 50 an lembar," kata Yuni pedagang pakaian.

Ia mengungkapkan pandemi Covid-19 ini cukup membuat konsumen malas untuk masuk ke pasar berbelanja. Dampaknya, pembeli sangat sepi walaupun mendekati hari raya.

Untuk di Pasar Bringharjo sendiri, aktivitas jual beli dimulai sekira pukul 08.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB. Setelah itu, pedagang akan menutup lapaknya hingga pukul 15.00 WIB. "Pokoknya jam 3 sudah tidak ada yang jualan disini, karena lapaknya dibereskan semua jam segitu," paparnya.

Sedangkan fasilitas cuci tangan, di pasar tersebut terdapat kelengkapan wastafel yang memadai. Para pedagang dan pembeli sebelum memasuki kawasan pasar, cukup aktif mencuci tangan, tampak mereka juga mencuci tangan dengan mengikuti tatacara mencuci tangan dengan baik.

Didalam pasar pun, baik pembeli dan pedagang sudau cukup sadar menggunakan masker. Akan tetapi, jaga jarak antara satu dengan yang lain masih kurang. Masyarakat masih cukup berdekat-dekatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement