Jelang Lebaran, Bakul Beringharjo Merana karena Corona

Suasana Pasar Beringharjo, Jogja, Minggu (19/4/2020). - Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah
21 Mei 2020 19:17 WIB Muhammad Nadhir Attamimi Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Pasar dan pusat-pusat perbelanjaan di Kota Jogja mulai terlihat ramai jelang Lebaran.

Pantauan pada Kamis (21/1/2020) salah satunya di Pasar Bringharjo. Walaupun mendekati hari raya, kawasan pasar terpantau mengalami peningkatan pengunjung jika dibandingkan beberapa hari sebelumnya di masa pandemi. Namun, peningkatan tersebut dinilai pedagang masih sangat sepi.

"Sepi sekali ini, beberapa hari ini saya hanya jual lima lembar pakaian setiap harinya, kalau hari biasa bisa sampai 50 an lembar," kata Yuni pedagang pakaian.

Ia mengungkapkan pandemi Covid-19 ini cukup membuat konsumen malas untuk masuk ke pasar berbelanja. Dampaknya, pembeli sangat sepi walaupun mendekati hari raya.

Untuk di Pasar Bringharjo sendiri, aktivitas jual beli dimulai sekira pukul 08.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB. Setelah itu, pedagang akan menutup lapaknya hingga pukul 15.00 WIB. "Pokoknya jam 3 sudah tidak ada yang jualan disini, karena lapaknya dibereskan semua jam segitu," paparnya.

Sedangkan fasilitas cuci tangan, di pasar tersebut terdapat kelengkapan wastafel yang memadai. Para pedagang dan pembeli sebelum memasuki kawasan pasar, cukup aktif mencuci tangan, tampak mereka juga mencuci tangan dengan mengikuti tatacara mencuci tangan dengan baik.

Didalam pasar pun, baik pembeli dan pedagang sudau cukup sadar menggunakan masker. Akan tetapi, jaga jarak antara satu dengan yang lain masih kurang. Masyarakat masih cukup berdekat-dekatan.