Pedagang Disarankan Jangan Layani Pembeli yang Tak Pakai Masker

Camat Ngemplak Siti Wahyu Purwaningsih memakaikan masker pada lansia dan anak-anak saat operasi masker di Pasar Jangkang, Ngemplak, pada Sabtu (23/5/2020). - /Ist
23 Mei 2020 15:07 WIB Lajeng Padmaratri Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN - Satu hari menjelang Lebaran, Camat Ngemplak, Kabupaten Sleman, Siti Wahyu Purwaningsih melakukan operasi masker di Pasar Jangkang, Ngemplak. Ia menemui masih banyak warga yang tak patuh menggunakan masker padahal kondisi pasar sedang ramai.

Operasi yang dilakukannya pada Sabtu (23/5/2020) ini ingin sekaligus kembali mengingatkan warga untuk patuh protokol kesehatan seperti menjaga jarak fisik, menggunakan masker, dan rajin cuci tangan. Namun, masih banyak warga yang ngeyel enggan menggunakan masker, terutama lansia dan anak-anak.

"Masih cukup banyak [pembeli tanpa masker] terutama di bagian penjualan unggas dan klithikan, kebanyakan lansia dan anak-anak," kata Purwaningsih. Untuk penjual ia amati sudah tertib mengenakan masker.

Padahal, Pasar Jangkang kali ini dibanding Pasaran Wage yang lalu mengalami peningkatan kunjungan. Ia menduga lantaran warga sudah banyak yang menerima bantuan sosial dari pemerintah. Di Kecamatan Ngemplak, bantuan sosial dari Pemda DIY, Kemensos, serta BLT Dana Desa telah selesai disalurkan Jumat (22/5/2020) kemarin.

"Warga pada mencari bahan-bahan untuk masak-masak besok. Apalagi dibagikannya batuan sosial sehingga banyak warga memanfaatkan dana tersebut untuk membeli kebutuhan lebaran," katanya.

Untuk kembali memperketat penerapan protokol kesehatan, Purwaningsih mengimbau para pedagang untuk tidak melayani para pembeli yang datang tanpa menggunakan masker. Hal ini ia rasa penting sehingga sesama warga bisa saling mengingatkan.

"Kami mencoba pendekatan dengan para penjual untuk tidak melayani pembeli yang tidak pakai masker," terangnya.