Lebaran Hari Ketiga, UGM Gelar Halalbihalal Daring

Tangkapan layar pelaksanaan halalbihalal daring Universitas Gadjah Mada via aplikasi telekonferensi pada Selasa (26/5/2020). - Harian Jogja/Lajeng Padmaratri
26 Mei 2020 14:07 WIB Lajeng Padmaratri Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Universitas Gadjah Mada (UGM) menyelenggarakan halalbihalal daring pada Selasa (26/5/2020) pagi melalui aplikasi telekonferensi.

Halalbihalal daring ini dihadiri oleh jajaran pimpinan universitas, tenaga kependidikan, dosen, serta mahasiswa. Selain itu, pertemuan ini juga disiarkan melalui kanal Youtube UGM sehingga bisa disaksikan seluruh civitas akademika.

Pada kesempatan ini, Rektor UGM, Panut Mulyono menyampaikan selamat Idulfitri 1441 Hijriah kepada seluruh umat muslim sekaligus meminta maaf mewakili jajaran pimpinan universitas. "Selama setahun ke belakang menjalani tugas kedinasan serta dalam pergaulan tentu terdapat kekhilafan, kesalahan, dan kekeliruan, baik tutur kata maupun perilaku," kata Panut.

Menurutnya, Lebaran kali ini terasa berbeda lantaran pandemi Covid-19. Meski begitu, ia mengajak keluarga besar UGM untuk tetap bersyukur karena masih diberi kesehatan untuk bertatap layar yang juga dimungkinkan dengan adanya kemajuan teknologi.

"Seperti perayaan Syawalan ini [Halalbihalal], walaupun sebagian dari kita tidak dapat pulang kampung, tentu masih bisa bersilaturahmi secara daring dengan keluarga di rumah," tuturnya.

 Ia berharap dengan perayaan Lebaran ini dapat meningkatkan semangat baru bagi seluruh pihak dalam menyelesaikan permasalahan di negeri ini.