Meski Ditutup karena Pandemi, Pantai Gunungkidul Tetap Ramai Dikunjungi Saat Libur Lebaran

Pengunjung yang datang ke Pantai Sepanjang di tengah pandemi saat libur lebaran kedua diberi imbauan. - Istimewa/SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul.
26 Mei 2020 14:27 WIB Muhammad Nadhir Attamimi Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Meski ditutup kerana pandemi Covid-19, objek wisata pantai di Gunungkidul tetap dikunjungi banyak orang pada libur Lebaran tahun ini.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah I Gunungkidul, Sunu Handoko, mengungkapkan kebanyakan wisatawan adalah warga sekitar kawasan objek wisata.

"Hari pertama Lebaran, tempat wisata rada ramai, namun pengunjung lokal desa setempat atau desa tetangga dan ada juga pemudik yang dibawa warga lokal," kata Sunu, Selasa (26/5/2020).

Sunu memastikan wisatawan tidak datang tempat yang jauh. Sebab, penjagaan telah diperketat oleh unsur petugas tempat pemungutan retribusi (TPR) kawasan wisata, Tim SAR hingga jajaran polsek setempat dipintu-pintu masuk.

“Pantai cenderung ramai saat sore hari, dan yang paling ramai Pantai Wediombo dan Siung," paparnya.

Situasu berbeda terlihat pada Selasa (26/5/2020). Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Marjono mengatakan hingga siang haru tidak ada laporan kunjungan wisatawan. Sebab, setiap akses objek wisata di kawasan pantai sudah ditutup oleh warga dan pokdarwis setempat.

"Hari ini kunjungan wisatawan tidak ada sama sekali, karena pintu masuk sudah ditutup portal dan dijaga oleh pokdarwis," paparnya.

Marjono mengakui pada hari pertama libur Lebaran ada wisawatan yang lolos berwisata di kawasan pantai. Namun, mereka langsung diminta pergi meninggalkan lokasi. Adapun wisatawan yang hendak berkunjung, telah disuruh putar balik ketika berada di gerbang masuk.

"Wisatawan yang kami temui langsung disuruh kembali dan putar balik."