Advertisement

Hotel di Jogja Mulai Kedatangan Tamu

Herlambang Jati Kusumo
Rabu, 03 Juni 2020 - 19:17 WIB
Bhekti Suryani
Hotel di Jogja Mulai Kedatangan Tamu Ilustrasi hotel. - TripAdvisor

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY menilai tren kunjungan masyarakat ke hotel mengalami peningkatan.

“Untuk kunjungannya ada tren naik yang awal buka dulu 5%, saat ini rata-rata 25%. Namun hotel tidak menawarkan semua kamarnya. Untuk karyawannya juga memanfaatkan yang ada saja, dalam arti yang tetap terapkan unpaid leave, yang dulu hanya bersih-bersih saat ini juga bisa menerima tamu,” kata Ketua PHRI DIY, Deddy Pranowo Eryono, Rabu (3/6/2020).

Advertisement

Meski mulai ada peningkatan orang yang menginap di hotel, Ia mengatakan orang yang menginap lebih karena jenuh di rumah, belum dari wisatawan atau dari luar kota. Ia menilai untuk wisatawan domestik dimungkinkan akan mulai meningkat jika Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) daerah lain telah dibuka. “Termasuk transportasi berjalan, tetapi harus sesuai protokol semua. Tetapi kita sependapat Gubernur, tidak perlu tergesa-gesa, siapkan semuanya dahulu termasuk objek wisata yang sesuai protokol,” katanya.

Deddy mengatakan di antara Senin (1/6/2020) – Senin (15/6/2020) setidaknya akan ada 25 hotel baik bintang dan nonbintang serta resto.

Sehingga total nantinya akan ada 47 hotel dan resto, jika ditambah jumlah hotel dan resto yang sejak awal tidak tutup. Dikatakannya untuk hotel maupun resto yang buka harus memenuhi protokol pencegahan Covid-19. Jika tidak menerapkan, tidak diperbolehkan beroperasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement