4 Objek Wisata di Gunungkidul Segera Gelar Simulasi Pembukaan, Ini Daftarnya

Embung Nglanggeran di Kecamatan Patuk, Gunungkidul. - Harian Jogja/Galih Eko Kurniawan
07 Juni 2020 20:47 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pemkab Gunungkidul bersiap menggelar simulasi pembukaan objek wisata. Tahapan ini sebagai bagian dalam rencana pembukaan destinasi wisata di masa new normal.

Sekretaris Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul, Hary Sukmono, mengatakan jajarannya sudah membuat rencana pembukaan objek wisata setelah beberapa bulan tutup sebagai dampak penyebaran virus Corona. Menurutnya, ada beberapa tahapan yang harus dilalui sebelum seluruh destinasi wisata dibuka.

Setelah melalui proses perencanaan, selanjutnya digelar simulasi. Apabila simulasi berjalan dengan baik maka dilanjutkan ke tahap sosialisasi dan uji coba. “Semua tahapan harus dilalui untuk pembukaan destinasi wisata,” kata Hary kepada wartawan, Minggu (7/6).

Rencananya simulasi pembukaan objek wisata dilaksanakan mulai 8-11 Juni 2020. Adapun lokasi yang dipilih dibagi sesuai zonasi pantai, gua dan desa wisata atau pegunungan. Untuk zona pantai dipilih Pantai Baron dan Kukup, destiansi gua diwakili Cave Tubing Kalisuci dan pegunungan dilaksanakan di Gunung Api Purba Nglanggeran. “Pelaksanaan simulasi tidak melibatkan masyarakat karena hanya melibatkan pengelola,” ungkapnya.

Meski sudah ada rencana simulasi, pelaksanaannya masih menunggu keputusan Bupati dengan forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda). Rencananya dalam simulasi juga menyediakan infrastruktur pendukung protokol kesehatan serta standar operasional prosedur (SOP) bagaimana menyambut wisatawan yang datang mulai dari pengecekan kesehatan. “Nanti ada petugas yang siap mengurusi pengunjung,” katanya.