Geger Mayat Laki-laki Tanpa Busana di Area Persawahan Temon

Personil PMI Kuloprogo sedang mengevakuasi mayat tanpa identitas yang ditemukan di area persawahan Dusun Pencengan, Kalurahan Kedungdang, Kapanewon Temon, Kulonprogo Sabtu (6/62020). - Ist.
07 Juni 2020 13:37 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--Warga Dusun Pencengan, Kalurahan Kedungdang, Kapanewon Temon, Kulonprogo digegerkan dengan penemuan sesosok mayat laki-laki tanpa identitas di area persawahan dusun setempat, Sabtu (6/6/2020) sore.

Mayat itu pertama kali ditemukan oleh Tio Rivaldi Adi Nugraha, warga setempat. Tio yang saat itu tengah menikmati sore hari di pematang sawah melihat adanya sesosok tubuh pria tanpa busana di sebuah gubuk. Laki-laki dengan kisaran usia 40 itu dalam posisi telungkup di sebuah gubuk. Tio sempat mengira laki-laki itu sedang tidur.

Dia lantas mencoba membangunkan laki-laki tersebut. Namun laki-laki itu tak kunjung bangun. Tio kemudian memberitahukan hal ini kepada warga lain dan melapor ke Polsek Temon serta PMI Kulonprogo. "Langsung saya laporan saat itu juga," ujarnya, melalui pesan singkat, Minggu (7/6/2020).

Staff Humas PMI Kulonprogo Wisnu Rangga membenarkan peristiwa tersebut. Dia mengatakan, laporan penemuan mayat di Temon diterima PMI Kulonprogo sekitar pukul 18.10 WIB. Lebih lanjut ia menjelaskan, saat ditemukan, mayat itu dalam posisi tertelungkup. Pihaknya lalu membawa mayat itu ke RSUD Wates untuk dilakukan pemeriksaan.

"Dari kondisi saat ditemukan, laki-laki tersebut seperti belum terlalu lama meninggal," ucapnya.

Sementara itu Kepala Sub Bagian Humas Polres Kulonprogo Inspektur Polisi Satu I Nengah Jefri mengatakan berdasarkan hasil pemeriksaan tim medis RSUD Wates yang diterima pihaknya, tidak ditemukan adanya tanda-tanda kekerasan di tubuh mayat itu. Terkait identitas mayat, kepolisian masih melakukan pendalaman. Diperkirakan Jefri, mayat ini merupakan Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) yang terlantar di jalanan.