Advertisement

24 Pedagang di Sleman Reaktif Rapid Test, 30 Pedagang Tunggu Hasil Swab

Abdul Hamied Razak
Selasa, 09 Juni 2020 - 18:57 WIB
Bhekti Suryani
24 Pedagang di Sleman Reaktif Rapid Test, 30 Pedagang Tunggu Hasil Swab Foto ilustrasi. - ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Dari 710 pedagang dari 14 pasar tradisional yang dirapid test tahap pertama, Selasa (9/6/2020) sebanyak 24 orang reaktif. Sementara 30 pedagang yang diuji swab masih menunggu hasilnya beberapa hari ke depan.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Sleman Shafitri Nurmala Dewi mengatakan Pemkab telah melakukan rapid diagnostic test (RDT) bagi ratusan pedagang di 14 pasar tradisional. Total jumlah pedagang yang mengikuti kegiatan tersebut tercatat sebanyak 710 pedagang. "Dari 710 orang yang ikut, hanya 24 orang yang reaktif dan sebanyak 686 orang non reaktif," kata Evie, Selasa (9/6/2020).

Advertisement

Sesuai dengan protokol kesehatan penanganan Covid-19, lanjut Evie, mereka yang reaktif mengikuti karantina di Asrama Haji. Mereka yang reaktif akan menjalani uji swab di rumah sakit rujukan Covid-19. Sementara 686 pedagang pasar lainnya akan melakukan RDT tahap kedua pada 17 Juni mendatang.

"Meskipun ada yang reaktif, tetapi semua pasar tradisional yang 14 pasar itu tetap beroperasi seperti biasanya," katanya.

Satgas Covid-19, katanya, juga akan rutin melakukan penyemprotan desinfektan dua kali dalam sehari sampai masa hidup virus diperkirakan mati. "Selain pedagang pasar, rapid test juga ditujukan bagi petugas pasar dan tenaga medis Puskesmas masing-masing 10 orang di setiap lokasi test," kata Kabag Humas dan Protokol Pemkab Sleman ini.

Evie menjelaskan, dari 14 pasar tradisional masing-masing pasar diambil sampling 50 pedagang. Adapun pemilihan pedagang dilakukan berdasarkan penilaian tingkat potensi kerumunan dari penjualan produk yang dijual. "Kami ambil dari perwakilan masing-masing los dan komoditas yang dijual," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement