Ribuan Mahasiswa Bakal Segera Kembali ke Bantul

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
11 Juni 2020 17:17 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Ribuan mahasiswa akan kembali ke Bantul jelang ajaran baru.

Camat Kasihan, Slamet Santosa mengatakan koordinasi dengan sejumlah perguruan tinggi, pemerintah desa dan dusun terkait dengan antisipasi kepulangan mahasiswa telah dilakukan, sepekan lalu. Dalam koordinasi yang diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) tersebut, ada sebanyak 5.000 mahasiswa UMY akan kembali ke kampus.

“Oleh karena itu, kami meminta mereka berkoordinasi dengan pemerintah setempat. Sejauh ini, pihak UMY menyatakan akan ada aplikasi untuk memantau mahasiswanya yang kembali ke kampus,” kata Slamet di ruang kerjanya, Kamis (11/6/2020).

Slamet menambahkan, karena sampai kini belum ada petunjuk teknis ataupun edaran dari Pemkab setempat terkait dengan kewajiban surat bebas Covid-19 seperti yang dilakukan Pemkab Sleman, maka pihaknya meminta kepada mahasiswa untuk berkoordinasi dengan RT ataupun RW setempat. Selain itu, Ia juga meminta agar para mahasiswa tersebut memiliki kesadaran tinggi untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari sesampai di tempat indekosnya.

“Karena memang belum ada edaran. Oleh karena itu tetap menggunakan protokol kesehatan yang ada,” katanya.

Hal sama juga diungkapkan oleh Kepala Desa Panggungharjo, Wahyudi Anggoro Hadi. Yudi-panggilan akrab Wahyudi meminta kepada mahasiswa yang akan kembali ke indekos di wilayahnya untuk mematuhi protokol kesehatan.

“Kami minta mereka koordinasi dengan RT/RW setempat dan melakukan isolasi mandiri selama 14 hari,” harapnya.