Pekerja Lintas Sektor Terdampak Covid-19 Diberi Bantuan Sembako

Pekerja lintas sektor saat menerima bantuan sosial, Senin (15/6 - 2020). Ist/Jercovid.
16 Juni 2020 06:07 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Gugus Tugas Penanganan Terdampak Covid-19 bentukan Kamar Dagang Indonesia (Kadin) DIY yang dikenal dengan Gugus Tugas Jogja Economic Resilience for Covid-19 (Jercovid) menyalurkan bantuan sosial (bansos) berupa sembako di Pendopo Wiyata Praja, Kompleks Kepatihan, Senin (15/6/2020). Bantuan sembako itu diberikan kepada sekitar 1.000 pekerja lintas sektor yang terkena dampak Covid-10 di DIY.

Wakil Ketua Kadin DIY sekaligus Koordinator Jercovid Wawan Hermawan menjelaskan bantuan itu dihimpun melalui dana kemanusiaan dari berbagai pihak hingga terkumpul dengan jumlah 1.000 paket sembako. Pihaknya bekerja sama dengan berbagai asosiasi dan komunitas dalam rangka menjaring donatur dan mendistribusikan bantuan tersebut.

“Bantuan ini kami berikan kepada pekerja lintas sektor yang terdampak Covid-19, seperti dari pariwisata, pekerja informal lainnya serta pekerja seni,” katanya, Senin (16/6/2020).

Ketua Kadin DIY GKR Mangkubumi menambahkan adanya pandemi corona memberikan hikmah yang besar di tengah masyarakat. Seperti meningkatnya rasa kemanusian dan banyak pihaknya yang membentuk kelompok kemudian memberikan bantuan bagi terdampak. Ia berharap semua pihak bisa bersatu untuk secara bersama-sama mengatasi pandemi ini.

“Pandemi ini mengajarkan kepada kita tentang banyak hal seperti nilai gotong royong, kemanusiaan,” ujarnya.

Wawan menambahkan Jercovid berkegiatan secara khusus di tengah pandemi terutama membantu pemerintah dalam mengatasi dampak corona serta bidang kemanusiaan, advokasi dan recovery. Setiap sepekan sekali timnya juga membagikan masker kepada masyarakat dengan jumlah sekitar 10.000 masker. Kemudian pada Mei 2020 lalu pihaknya juga menyerahkan bantuan kepada Pemda DIY berupa 500 alat pelindung diri (APD) dan 10.000 masker melalui Pemda DIY.