Advertisement

Tumbuhkan Budaya Baca Melalui Lomba Bercerita

Lugas Subarkah
Rabu, 01 Juli 2020 - 08:37 WIB
Sunartono
Tumbuhkan Budaya Baca Melalui Lomba Bercerita Perpustakaan di DIY - Ilustrasi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Budaya membaca merupakan aset penting bagi siswa sekolah, khususnya di Kota Jogja sebagai Kota pendidikan. Mendukung hal ini, Perpustakaan Kota Jogja menggelar final Lomba Bercerita 2020, Rabu (1/7/2020).

Final Lomba Bercerita 2020 diikuti oleh 10 peserta putra dan 10 peserta putri. Para finalis sebelumnya telah mengikuti tahap penyisihan. Adapun tema yang diangkat dalam final lomba kali ini adalah Menumbuhkembangkan Budaya Membaca Dan Bercerita Bagi Siswa SD di Kota Yogyakarta Istimewa.

Advertisement

BACA JUGA : Minat Baca Masyarakat Harus Terus Dirangsang

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Jogja, Wahyu Hendratmoko, menuturkan materi cerita yang digunakan yakni mengambil dari cerita rakyat atau legenda nusantara yang berasal dari Jogja. "Dapat bersumber dari buku di perpustakaan sekolah atau Perpustakaan Kota Jogja," ujarnya, Selasa (30/6/2020).

Dalam cerita rakyat kata dia, terdapat pesan moral yang bermanfaat bagi pengembangan karakter serta menumbuhkan kecintaan pada budaya lokal dan nasionalisme yang sangat penting bagi siswa di pendidikan dasar.

Lomba ini memadukan seni sastra, drama, akting dan komunikasi. Adaphn aspek penilaian meliputi penampilan termasuk ekspresi wajah, teknik bercerita dan penguasaan materi. "Lomba ini merupakan gelaran rutin setiap tahun dan diadakan berjenjang dari tingkat kabupaten/kota hingga nasional," ujarnya.

BACA JUGA : 250 Orang Ikuti Puncak Roadshow Minat Baca

Peserta hang memenangkan final di tingkat Kota Jogja ini nantinya akan maju bertanding di tingkat Provinsi DIY. Dengan pengembangan budaya baca ia berharap siswa sekolah dapat menjadi warga negara yang cerdas dan berwawasan luas.

Pada pelaksanaan final, karena waktu yang masih dalam kondisi pandemi covid-19, maka akan tetap mematuhi protokol kesehatan, seperti wajib jaga jarak antar peserta dan tidak ada penonton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ibadah Haji 2024, DPR Segera Bentuk Pansus untuk Evaluasi

News
| Senin, 17 Juni 2024, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Mantap, Hidupkan Laguna Pengklik, Pemuda di Srigading Bikin Wisata Kano

Wisata
| Minggu, 16 Juni 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement