CEK FAKTA: Warga Jogja Heboh Pembagian Tanaman Gratis oleh KLHK, Begini Penjelasannya...

Tangkapan layar pesan melalui Whatsapp tentang pembagian bibit pohon gratis
04 Juli 2020 13:07 WIB Bernadheta Dian Saraswati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Belakangan ini masyarakat Jogja heboh soal pembagian bibit tanaman gratis oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Dikabarkan, masyarakat baik perorangan maupun kelompok bisa mendapatkan 25 bibit pohon dan buah secara cuma-cuma. 

Informasi tersebut tersebar melalui pesan berantai melalui aplikasi Whatsapp. Begini isinya: 

Untuk yg perlu bibit pohon, ada program bagus nih dari Kementrian Lingkungan Hidup & Kehutanan

Disediakan gratis. Tapi bukan tanaman hias ya, ini tanaman buah dan tanaman penghijauan.

Satu KTP bisa ambil maksimal 25 pohon terdiri dari 5 pohon buah dan 20 pohon penghijauan.
Waktu pengambilannya Senin-Sabtu jam 08-15.

Lokasinya di : KANTOR UNIT PUSAT KEARSIPAN KEMENTRIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN,
Jogja di Kantor BPDAS HL dekat Dagadu Gedong Kuning

Lokasi bisa search di Gmaps, itu titiknya udah persis di lokasinya, gak meleset semeterpun. Jadi kalo buka Gmaps, ikutin jalannya, Insya Allah nyampe.
Prosedur ngak sulit SAMA SEKALI. Pegawai KLHK yang melayani ramaaaah sekali. Mempersilakan mengambil bibit apa saja, nganter keliling² dan menjelaskan ada bibit apa saja di sana. Mereka bahkan mempersilakan foto² dan share infonya agar banyak orang yang mengambil bibit tanaman ke sana.

Syaratnya satu :
BUKAN BUAT DIJUAL LAGI. Tapi memang untuk penghijauan dan dirawat sendiri di rumah. Kalau mau ambil partai besar untuk komunitas atau lingkungan rumah pun bisa, tinggal buat proposal saja. Dan proposalnya pun ada contohnya di sana, bisa nyontek.

Tak dipungut biaya sama sekali (tapi boleh lah bawain kue buat si Mas yang nganter keliling² juga untuk buruh tanam yang kerja di sana. Saya pribadi prefer gak kasih uang ya).

Jadi monggo yang mau ambil bibit gratis bisa langsung ke sana. Ada pohon MANGGA, JAMBU, DURIAN, MACAM2 JAMBU KELENGKENG MATOA SIRSAK PETAI , pohon Trembesi, cemara udang, gaharu, sengon, dan lain².

Totalnya ada sekitar 39 jenis pohon di sana, kita bisa ambil GRATIS 25 polybag.

Keren deh ini programnya Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan....Hanya pake KTP saja. Oh iya, KTP-nya bebas bisa KTP dari penduduk daerah mana saja.

Jadi buat teman² dari daerah kalo memungkinkan, bisa lho diarrange buat ambil bibit ke sini. Dalam partai besar sekali pun bisa asalkan sudah siapkan proposalnya dulu. Tapi ambil sendiri yaaaa, mereka tak sedia delivery atau anter² pohon.

Yuk, tanam² supaya bumi ini jadi lebih hijau...

Info tersebut membuat KLHK melakukan klarifikasi karena ada hal yang kurang tepat.

Berdasarkan surat klarifikasi yang diterima Harianjogja.com, Sabtu (4/7/2020) disebutkan bahwa program tersebut memang ada tetapi bukan diselenggarakan oleh Kantor Unit Kearsipan KLHK melainkan oleh Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Serayu Opak Progo, yang berkantor di Jalan Gedongkuning Nomor 172 A Yogyakarta. 

Saat ditelusuri di Wikipedia, Kantor Unit Kearsipan KLHK beralamat di Jl. Raya Jakarta-Bogor No.Km 37,2, Jatijajar, Kec. Tapos, Kota Depok, Jawa Barat. 

Dalam suratnya, Kepala BPDASHL Serayu Opak Progo Sir Handayaningsih menyampaikan bahwa KLHK melalui balainya setiap tahun memproduksi bibit-bibit berkualitas yang dibagikan secara gratis kepada masyarakat di wilayah kerja yakni DIY dan Jawa Tengah. 

"Program bibit gratis ini untuk mendukung program penghijauan lingkungan, meningkatkan keberhasilan rehabilitasi hutan dan lahan, serta meningkatkan perekonomian masyarakat dari sektor kehutanan," tulisnya. 

BPDASHL Serayu Opak Progo pada 2020 ini memproduksi bibit tanaman sebanyak 400.000 batang, yang terdiri dari berbagai jenis. Mulai dari tanaman bernilai ekonomi tinggi seperti jati, sengon; jenis tanaman bernilai ekologi/konservasi seperti gayam, aren; jenis tanaman bernilai estetika seperti pucuk merah, ketapang kencana; dan tanaman buah seperti sirsak, durian. 

Tanaman tersebut merupakan hasil persemaian di Gunungkidul dan Banjarnegara. 

"Bagi masyarakat yang berdomilisi atau memiliki lahan di wilayah kerja BPDASHL Serayu Opak Progo, dapat mengajukan permohonan bibit gratis kepada BPDASHL Serayu Opak Progo, baik secara perseorangan maupun atas nama kelompok/desa/organisasi/Instansi/lembaga lainnya," lanjut Sri. 

Program bibit gratis ini juga bisa dimanfaatkan untuk kegiatan massal yang berhubungan dengan lingkungan, misal KKN tema lingkungan, gerakan penghijauan suatu lokasi, atau kegiatan lain yang sejenis.

"Pelayanan permohonan bibit gratis setiap hari Senin-Jumat, 08.00 - 15.00 WIB. Untuk hari Sabtu, hanya melayani pengambilan atas nama kelompok dan mohon untuk konfirmasi terlebih dahulu," tulis Sri. 

Surat berisi konfirmasi tersebut juga dibagikan oleh akun resmi BPDASHL Serayu Opak Progo di akun Instagramnya. 

Sumber : Instagram