Advertisement

UNY Beri Gelar Doktor Honoris Causa Menteri Desa PDTT

Lajeng Padmaratri
Sabtu, 11 Juli 2020 - 15:07 WIB
Sunartono
UNY Beri Gelar Doktor Honoris Causa Menteri Desa PDTT Menteri Desa PDTT, Abdul Halim Iskandar memberi keterangan pers seusai dianugerahi gelar kehormatan dari UNY, Sabtu (11/7/2020). - Harian Jogja/Lajeng Padmaratri.

Advertisement

Harianjogja.com, DEPOK--Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memberikan gelar kehormatan atau Doktor Honoris Causa bidang Manajemen Pemberdayaan Masyarakat kepada Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Abdul Halim Iskandar pada Sabtu (11/7/2020) di Auditorium UNY.

Rektor UNY sekaligus pembuat surat keputusan penganugerahan gelar kehormatan, Profesor Sutrisna Wibawa berharap pengakuan akademik ini menjadi amanah bagi Menteri Desa PDTT untuk terus berdedikasi dan berkomitmen dalam pengembangan masyarakat berbasis pendidikan yang unggul.

Advertisement

BACA JUGA : Menteri Desa PDTT Pengin Kloning Desa Panggungharjo

Menurutnya, Halim memiliki manajemen yang baik soal pemberdayaan masyarakat desa sejak menjabat sebagai wakil rakyat di kota kelahirannya di Jombang. Ia berharap pemberian gelar ini akan membuka cakrawala masyarakat bahwa desa merupakan potensi yang sangat besar untuk pembangunan Indonesia.

"Kami sudah amati kiprah beliau sejak menjadi Ketua DPRD Jombang, jadi bukan baru saja ketika menjadi menteri. Sejak dulu beliau selalu menyampaikan aspirasi bagaimana pembangunan desa. Pembangunan desa menjadi kunci untuk kemajuan bangsa yang kemudian beliau lanjutkan di Kementerian Desa PDTT," kata Sutrisna kepada awak media sesuai acara.

Dalam kesempatan ini, Halim yang juga merupakan alumnus UNY Prodi S1 Filsafat dan Sosiologi Pendidikan tahun 1987 menyatakan kebanggaannya kembali diwisuda di kampusnya terdahulu dan menerima gelar kehormatan. Sebelum menerima gelar Honoris Causa, ia terlebih dahulu menyampaikan orasi ilmiah promovendus berjudul "Kebijakan Strategis Pemberdayaan Masyarakat Menuju Kemandirian Desa".

"Urusan pembangunan desa dan pedesaan adalah urusan yang sangat strategis karena dia garda terdepan dalam peningkatan sumber daya manusia dan upaya peningkatan ekonomi," kata Halim.

BACA JUGA : Mendes PDTT: Penyaluran Cepat BLT Dana Desa Terhambat

Ia akan berupaya menindaklanjuti gelar kehormatan yang ia terima tersebut untuk meningkatkan langkah strategis agar masyarakat desa mengalami percepatan dan peningkatan sumber daya manusia dan pertumbuhan ekonomi utamanya dengan dana desa.

"Dana desa menjadi bagian penting dari kehadiran negara di dalam penyelesaian berbagai permasalahan sumber daya manusia dan perekonomian di desa," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement