Advertisement

Remaja 15 Tahun Asal Banguntapan Sembuh dari Covid-19, Setelah Dirawat 78 Hari

Ujang Hasanudin
Minggu, 12 Juli 2020 - 16:17 WIB
Bhekti Suryani
Remaja 15 Tahun Asal Banguntapan Sembuh dari Covid-19, Setelah Dirawat 78 Hari Ilustrasi - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Seorang gadis berusia 15 tahun asal Kecamatan Banguntapan, Bantul dinyatakan sembuh dari Coronavirus Disease atau Covid-19 setelah dirawat selama lebih kurang 78 hari di Rumah Sakit Lapangan Khusus Covid-19, Bambanglipuro, Bantul.

Dalam catatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penularan Infeksi Covid-19 Bantul, gadis 15 tahun tersebut merupakan pasien terlama kedua dalam perawatan penyembuhan Covid. Sebelumnya pasien terlama pertama dalam penyembuhan Covid adalah seorang laki-laki usia 48 tahun asal Kecamatan Piyungan.

Advertisement

Pasien tersebut dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara (RSPAU) Harjolukito selama lebih kurang 76 hari. Bahkan pasien ini sempat dinyatakan rekor pasien terlama dalam penyembuhan Covid-19 oleh kepala rumah sakit setempat.

“Dia [gadis 15 tahun] pasien terlama kedua setelah pasien yang dirawat di RSPAU. Lama perawatannya sama,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penularan Infeksi Covid-19 Bantul, Sri Wahyu Joko Santoso, saat dihubungi Minggu (12/7/2020).

Sri Wahyu mengatakan gadis usia 15 tahun itu dinyatakan sembuh dari Covid-19 per 11 Juli lalu. Ia tercatat sebagai pasien ke-19 di Bantul dan tertular virus Corona dari bapak dan ibunya yang lebih dulu dinyatakan positif dari kalster Jemaah Tablig Akbar Jakarta. ,”Dia generasi pertama [dalam urutan transmisi lokal] karena tertulang langsung,” kata dia.

Lebih lanjut pria yang akrab disapa dokter Oky ini berujar tidak mengetahui pasien tersebut lama dalam proses perawatan namun sesuai dengan protokol seorang pasien baru dinyatakan sembuh setelah dua kali hasil tes swab dinyatakan negatif. Pasien itu diakuinya juga tidak memiliki penyakit penyerta seperti hipertensi, kelainan jantung, dan diabetes.

Menurut dia, kedua orangtuanya juga sempat dinyatakan positif dan dirawat. Namun kedua orang tua itu sudah dinyatakan sembuh lebih dulu pada Mei lalu. Selain sembuh satu orang, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penularan Infeksi Covid-19 juga menyebutkan ada penambahan tiga pasien positif per 11 Juli, yakni perempuan, 22 tahun asal Kecamatan Jetis; laki-laki, 16 tahun asal Kecamatan Dlingo; dan laki-laki, 75 tahun asal Kecamatan Jetis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement