Puskesmas di Bantul yang Ditutup karena Covid-19 Terus Bertambah, Kini Sewon II

Ilustrasi - Pixabay
20 Juli 2020 15:47 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Puskesmas di Bantul yang ditutup karena Covid-19 terus bertambah. Sudah ada lima puskesmas yang ditutup sementara selama pandemi, terakhir adalah Puskesmas Sewon II yang ditutup selama tiga hari.

Puskesmas yang berada di Jalan Parangtritis Km.6, Tarudan, Bangunharjo, Sewon ini ditutup hingga Kamis (23/7/2020) mendatang. Sebab, ada dua tenaga kesehatan (nakes) di puskesmas tersebut positif Covid-19.

BACA JUGA: Sepekan, Dua Puskesmas di Banguntapan Ditutup karena Tenaga Kesehatan Positif Covid-19

“Hasil tes usap tadi pagi, ada dua nakes di tempat tersebut yang positif. Sementara puskesmas tutup paling lama hingga Kamis mendatang, untuk disemprot disinfektan dan sterilisasi,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Bantul, Sri Wahyu Joko Santosa, Senin (20/7/2020).

Oki-panggilan akrab Sri Wahyu Joko Santosa mengungkapkan, seusai mendapatkan hasil dua nakes di Puskesmas Sewon II positif, jawatannya langsung melakukan uji usap ke semua nakes dan karyawan puskesmas tersebut.

BACA JUGA: Kapan Pandemi Covid-19 Berakhir? Ini Prediksi Terbaru Pakar UGM

“Semua sudah langsung diuji usap. Tinggal menunggu hasil. Selain itu, tracing internal juga telah dilakukan,” lanjutnya.

Camat Sewon Danang Irwanto mengatakan dua tenaga kesehatan tersebut adalah satu warga Sewon dan satu warga Pajangan. Adapun untuk warga Sewon yang terpapar Covid-19 telah dilakukan tracing ke tempat tinggalnya.

“Ada 17 orang yang kontak erat dengannya, dan saat ini sudah menjalani uji usap,” katanya.

BACA JUGA: Bidan Pendowoharjo Bantul Positif Covid-19: Bakul Angkringan Dites Swab, 15 Orang Ditelusuri

Danang mengatakan untuk sementara warga yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan bisa mengakses Puskesmas Sewon I atau tempat lainnya.

“Sementara memang ditutup dan dilakukan penyemprotan disinfektan serta sterilisasi,” katanya.

Selama pandemi Covid-19, setidaknya lima puskesmas di Bantul ditutup karena nakes terinfeksi virus Corona, yakni Puskesmas Kasihan II, Puskesmas Kasihan I, Puskesmas Banguntapan I, Puskesmas Banguntapan II, dan terakhir Puskesmas Sewon II.