Advertisement

Perbanyak Wifi Gratis di Jogja, Pemerintah Libatkan Swasta

Catur Dwi Janati
Selasa, 21 Juli 2020 - 17:17 WIB
Bhekti Suryani
Perbanyak Wifi Gratis di Jogja, Pemerintah Libatkan Swasta Ilustrasi warga menggunakan akses wifi gratis. - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja.com,JOGJA--Pengadaan wifi publik menjadikan salah satu pengembang fasilitas yang penting di era digital ini. Terlebih ketidakmampuan semua warga dapat mengakses internet secara gratis, membuat fasilitas penunjang ini cukup penting khususnya untuk menunjang belajar daring.

Ketua Komisi A DPRD Kota Jogja, Dwi Candra Putra berpendapat jika kebijakan Kemendiknas RI yang belum memberi izin bagi wilayah bukan zona hijau untuk melakukan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara tatap muka membuat kebutuhan Internet sangat penting. "Hal ini dikarenakan KBM tetap harus dilakukan dalam bentuk daring," jelasnya pada Minggu (19/7/2020).

Advertisement

"Pemkot Jogja tentu harus merespon dengan cepat dan cermat, mengingat wilayah Kota Jogja masuk dalam zona kuning, agar kebutuhan dasar pendidikan bisa berjalan sesuai harapan,"tambah Dwi. Lebih lanjut dia berharap dalam pembahasan perubahan APBD 2020 salah satu hal yang dibahas yakni memfokuskan titik-titik wifi gratis di ruang publik. "Pada anggaran murni [wifi gratis di ruang publik] sempat ditunda karena realokasi untuk Covid-19," imbuhnya.

Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, Dinas Komunikasi Informatika bndan Persandian Kota Jogja, Suciati mengatakan sebanyak 211 titik wifi publik telah dipasang Pemkot Jogja. Adapun dijelaskan Suciati, secara rinci wifi terpasang pada 183 RW dan 28 RTHP.

Suciati mengatakan bahwa guna penuhi kebutuhan wifi gratis, Diskominfo dan Persandian Kota Jogja juga berupaya jalin kerja sama dengan pihak swasta melalui CSR untuk mengembangkan wifi gratis ini. Mulanya, Suciati menerangkan bahwa seharusnya tahun ini ada penambahan wifi gratis. Namun karena adanya refocusing anggaran, maka rencana tersebut ditunda. Melalui kerja sama dengan swasta, diharapkan penambahan titik wifi gratis tetap bisa terlaksana tahun ini.

Menurut Candra dari total 616 RW di Kota Jogja, ia berharap ada penambahan wifi gratis. "Setidaknya ada penambahan 50-75 (40 persen dari jumlah RW) titik wifi gratis bari baik, melalui anggaran perubahan maupun CSR yang sudah diinisiasi oleh Diskominfo dan Persandian Kota Jogja," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BKKBN-TNI AD Kolaborasi Membangun Sumber Air Bersih Guna Turunkan Stunting

News
| Kamis, 25 April 2024, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement