Kecewa Hasil Rekomendasi Pilkada 2020, Pengurus PDIP Gunungkidul Mundur

Mantan Wakil Ketua Bidang Keorganisasian Danang Ardiyanta. - Harian Jogja/David Kurniawan
21 Juli 2020 12:17 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Wakil Ketua Bidang Keorganisasian DPC PDI Perjuangan Gunungkidul, Danang Ardiyanta mundur dari jabatannya sejak Senin (20/7/2020). Keputusan itu diambil menyusul rekomendasi DPP PDIP yang tak memilih salah satu kader untuk maju sebagai bakal calon kepala daerah.

“Saya sudah mengajukan surat pemunduran serta mengembalikan dua baju partai ke DPC,” kata Danang dalam keterangan pers yang diterima harianjogja.com, Senin malam.

BACA JUGA: Resmi Diputuskan! Ini Tiga Calon Bupati Sleman, Bantul dan Gunungkidul yang Diusung PDIP

Tekadnya untuk mundur sudah bulat. Danang mengaku menjadi pengurus DPC karena ingin menjadi calon kepala daerah. Dia sudah mengikuti penjaringan calon kepala daerah. Namun, rekomendasi partai malah memilih bakal calon dari luar partai.

“Kader tidak ada yang dilirik, malah dipilih calon dari luar partai semuanya. Jadi karena sudah tidak sepemahaman, maka lebih memilih mundur,” ungkapnya.

Meski demikian, ia mengaku siap apabila ada calon kepala daerah yang mendekati dan memintanya membantu dalam pemenangan. “Saya terbuka, tapi calon yang saya usung nantinya harus sevisi dengan saya. Misal, benar-benar berkomitmen dalam pembangunan Gunungkidul, menghargai keberagaman serta tidak mementingkan urusan golongan maupun kelompok,” katanya.

BACA JUGA: Peluang Calon Independen Maju di Pilkada Gunungkidul Makin Suram

Terpisah, Ketua DPC PDI Perjuangan Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningsih, menghargai keputusan yang diambil oleh Danang Ardiyanta. Menurut dia, keputusan tersebut menjadi hak politik yang bersangkutan. “Tidak masalah karena memang berdasarkan catatan Mas Danang juga kurang aktif di pengurusan, sehingga tugasnya banyak diampu oleh wakil ketua yang lainnya,” katanya.

Endah memastikan PDIP tetap solid untuk memenangi Pilkada Gunungkidul. “Kami tetap solid dan fokus dalam pemenangan pasangan Bambang Wisnu Handoyo-Benyamin Sudarmadi,” katanya.