Hari Anak Nasional, GKR Hemas Ajak Cucu Rapat Online

GKR Hemas dan RA Nisaka Irdina Yudhonegoro. - Ist/twitter @HemasGKR
23 Juli 2020 15:07 WIB Nina Atmasari Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- Hari Anak Nasional (HAN) diperingati setiap tanggal 23 Juli. Perayaan HAN tahun ini berbeda dari sebelumnya karena di tengah suasana pandemi Covid-19. Pandemi ini membuat banyak aktivitas masyarakat dibatasi.

Peringatan HAN juga mendapatkan perhatian dari istri Sri Sultan Hamengku Buwono X, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas. Bertepatan dengan HAN ini, GKR Hemas memberikan ucapan Selamat Hari Anak Nasional melalui akun twitternya, @HemasGKR.

Baca juga: Di Jogja, Sejumlah Anak Muda Menanam Sayur & Hasilnya untuk Solidaritas Sesama

Ada yang menarik dari unggahan GKR Hemas dalam rangka HAN ini. Perempuan yang juga menjadi Wakil Ketua DPD RI ini mengunggah aktivitas bersama sang cucu, Raden Ayu (RA) Nisaka Irdina Yudhonegoro. Gadis kecil ini merupakan putri pertama dari anak bungsu GKR Hemas, yakni Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Bendara yang bersuamikan Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Yudhonegoro.

Ada empat foto yang diunggah oleh ratu Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat tersebut. Foto tersebut bertema di rumah saja, sejalan dengan kondisi pandemi Corona yang membuat banyak aktivitas dilakukan di rumah, seperti bekerja dari rumah dan belajar dari rumah.

Baca juga: Ini Pesan Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana di Hari Anak Nasional

Aktivitas yang dilakukan GKR Hemas adalah bekerja dari rumah. Ia menampilkan kegiatan sedang melakukan rapat secara online dengan MPR RI dan sejumlah instansi. Rapat dilakukan melalui aplikasi video conference, dimana peserta akan ditampilkan melalui video yang diambil dari kamera di laptop.

Dalam rapat ini, GKR Hemas mengajak sang cucu untuk ikut bersamanya. Bahkan, sang cucu turut masuk dalam rekaman dirinya di video conference tersebut. Dalam foto tersebut, Irdina tampak turut menyimak apa yang ditayangkan di laptop. Aktivitas itu tampak dilakukan di dalam rumah.

Dalam keterangannya, GKR Hemas mengungkapkan apa yang dilakukan saat ini akan bermanfaat bagi masa depan anak-anak.

"Yang kita siapkan sekarang akan bermanfaat bagi masa depannya," tulisnya, dikutip Kamis (23/7/2020).

Tak lupa ia pun mengucapkan selamat HAN. "Selamat Hari Anak Nasional" tulisnya.