Advertisement

Kasus Covid-19 di DIY Terus Melejit, Begini Hitung-hitungan Kapasitas RS yang Masih Tersedia

Hery Setiawan (ST18)
Jum'at, 24 Juli 2020 - 19:17 WIB
Bhekti Suryani
Kasus Covid-19 di DIY Terus Melejit, Begini Hitung-hitungan Kapasitas RS yang Masih Tersedia Foto ilustrasi. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Dalam beberapa hari terakhir, jumlah kasus baru Covid-19 di DIY terus meningkat. Kapasitas rumah sakit tentu perlu mendapat perhatian sebagai antisipasi jika terjadi penambahan kasus lagi.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid DIY, Berty Murtiningsih mengatakan terdapat 321 bed yang dipersiapkan khusus untuk merawat pasien positif Covid-19 di seluruh rumah sakit rujukan di DIY. Ia mengklaim bahwa jumlah itu sampai hari ini masih aman.

Advertisement

“Pemakaian per hari ini sekitar 45 % dari kapasitas yang ada,” katanya kepada Harianjogja.com, Jum’at (24/7/2020).

Berty melanjutkan, mayoritas kasus baru di DIY berasal dari orang tanpa gejala [OTG] yang terkonfirmasi positif Covid – 19. Tidak semuanya mendapat perawatan di rumah sakit rujukan. Sebagian, katanya ada pula yang dirawat di rumah sakit darurat, seperti Rumah Sakit Lapangan Khusus Covid-19 [RSLKC] Bambanglipuro, Bantul dan Rumah Sakit Saptosari, Gunungkidul.

Berdasarkan data dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY per hari Jum’at, (24/7/2020) pukul 16.00 WIB terdapat 23 kasus baru. Sebanyak 17 kasus di antaranya ada di Kabupaten Bantul.

Buntut Wawali Kota Solo Positif Corona, Jokowi Segera Tes Swab

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid – 19 Bantul, Sri Joko Wahyu Santoso mengatakan RSLKC Bambanglipuro memiliki kapastitas 40 kasur. 10 kasus digunakan sebagai ruang kohorting atau ruangan khusus bagi pasien baru yang belum bisa masuk ke ruang utama. Di samping itu, Bantul juga masih punya lima rumah sakit rujukan khusus Covid – 19.

Saat ditanya soal rencana penambahan kapasitas rumah sakit darurat, laki-laki yang akrab disapa Oki itu mengatakan belum ada. “Belum dibicarakan,” katanya.

Senada dengan Berty, Oky menjelaskan seluruh kasus baru di Bantul pada Jumat, (24/7/2020) berasal dari OTG. Dengan penambahan 17 kasus baru, hingga hari ini Bantul merawat total 57 pasien positif Covid-19 yang tersebar di lima rumah sakit rujukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Penetapan Pilpres oleh KPU, Gibran: Nanti Ada Beberapa Pertemuan

News
| Selasa, 23 April 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement