Advertisement

1.717 Nakes Kulonprogo Telah Dites Swab, Ini Hasilnya

Newswire
Jum'at, 24 Juli 2020 - 15:17 WIB
Bhekti Suryani
1.717 Nakes Kulonprogo Telah Dites Swab, Ini Hasilnya Ilustrasi. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Penyisiran virus Corona secara massif ke kalangan tenaga kesehatan (nakes) dilakukan di Kulonprogo.

Dinas Kesehatan Kulonprogo telah melakukan tes swab kepada 1.717 tenaga kesehatan yang ada di berbagai fasilitas kesehatan di Kabupaten Kulonprogo. Hasilnya belum semuanya keluar, namun dari sekitar 90 persen negatif.

Advertisement

“Dari keseluruhan baru keluar sekitar 90 persen dan semuanya negatif Covid-19,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemkab Kulonprogo, Baning Rahayujati, Jumat (24/7/2020).

Tes massal ini dilakukan untuk mengantisipasi dini penularan Covid-19. Tenaga medis merupakan salah satu kelompok yang rawan terpapar, karena menjadi garda terdepan dalam penanganan pasien. Ketika diketahui ada yang positif, akan bisa lebih cepat tertangani dan tidak menularkan.

Hampir 90 persen kasus Covid-19 di DIY, merupakan orang tanpa gejala (OTG). Mereka cukup sehat dan tidak mengetahui kalau positif. Dari hasil screening dan penelusuran, mereka harus menjalani tes swab dan diketahui positif.

“Test massal ini sudah dimulai sejak 8 Juli 2020 dan rencananya masih akan terus dilanjutkan sampai Agustus mendatang,” katanya.

Selain tenaga kesehatan, tes swab ini juga menyasar para relawan kesehatan, petugas publik safety center maupun tim yang kerap melakukan penyemprotan disinfektan.

Tes swab massal dengan menyasar tenaga kesehatan juga dilaksanakan di Kabupaten Bantul dan Gunungkidul. Hasilnya ada puluhan yang terpapar Covid-19. Bahkan ada klinik ataupun puskesmas yang terpaksa ditutup, lantaran petugas kesehatannya ada yang positif.

Artikel ini telah tayang di iNews.id berjudul "1.717 Nakes di Kulonprogo Jalani Tes Swab, 90 Persen Negatif Covid-19"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : iNews.id

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral Polisi Tembak dan Serang DC, APPI Jelaskan Duduk Permasalahannya

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement