Akun Medsos Rektor UNY Sempat Dikloning untuk Minta Uang

Rektor UNY Sutrisna Wibawa - Harian Jogja/Lajeng Padmaratri
27 Juli 2020 20:47 WIB Lajeng Padmaratri Jogja Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, sangat aktif di Instagram dan Twitter.

Punya akun media sosial di beragam platform membuat Sutrisna rentan jadi korban pembajakan. Beberapa kali, akun dengan nama serupa milik si rektor muncul di media sosial.

Sutrisna bahkan menemukan akun 'kloningan' itu meminta sejumlah uang atau pulsa ke orang tertentu melalui inbox.

"Berkali-kali saya ada akun kloningan, minta pulsa atau uang. Pakai private message atau inbox. Belum ada yang kejadian [dikirimi uang], karena kami cepat tahu. Itulah pentingnya sering ngecek," kata dia.

BACA JUGA: Cerita di Balik Medsos Rektor UNY: Tanpa Tim Khusus, Sutrisna Wibawa Cek Medsos Dua Jam Sekali

Sutrisna mengaku mengecek akun Instagram dan Twitter-nya tiap dua jam sekali. Ia berpesan kepada warganet untuk selalu kritis menanggapi segala hal di media sosial, termasuk jika ada akun dengan nama tertentu minta uang lewat inbox media sosial. "Harus selalu berpikir kritis, apalagi kalau ada permintaan tertentu," ujarnya.

Meski tak jarang mendapat respons negatif hingga penyalahgunaan akun, tetapi Sutrisna mengaku tak kapok bermain media sosial. Tak hanya jadi media hiburan, baginya, media sosial seperti makanan pokok.

"Bagi saya media sosial itu makanan pokok. Sehari saja enggak buka, bisa kelaparan," kata dia disusul tawa.