Advertisement

Sapi dari Jokowi Sampai ke Tangan Penerima di Jogja

Lugas Subarkah
Kamis, 30 Juli 2020 - 12:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Sapi dari Jokowi Sampai ke Tangan Penerima di Jogja Sapi bantuan dari Presiden Joko Widodo sampai di tangan penerima, di Kantor Gubernur DIY, Kamis (30/7/2020). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO-Sebanyak dua sapi bantuan dari Presiden Joko Widodo diserahkan kepada penerima di Kantor Gubernur DIY, Kamis (30/7/2020). Kedua sapi seberat 1 ton itu dibawa ke Istana Kepresidenan RI DIY dan Masjid Al-Iman, Kalibawang, Kulonprogo.

Kepala Biro Bina Mental dan Spiritual Setda DIY, Maladi, menjelaskan penimbangan kedua sapi tu terakhir pada pekan lalu seberat 993 Kg. "Diperkirakan hari ini sudah tambah sekitar 10 kilogram, sehingga beratnya 1 ton lebih sedikit," ujarnya.

Advertisement

Kedua sapi diserahkan dari pemilik kepada penerima melalui Wakil Gubernur DIY, KGPAA Pakua Alam X. Ia menuturkan bantuan sapi dari Presiden Joko Widodo setiap tahun rutin diberikan dengan penerima yang bergantian. Tahun sebelumnya, sapi diserahkan ke masjid di Sleman dan Bantul.

Baca Juga: Sapi di Sedayu Bantul Jadi Pilihan Jokowi

Untuk pendistribusian daging, pihaknya menyerahkan pada Pemkab masing-masing penerima untuk ditentukan mana masyarakat yang membuuhkan. "Kira-kira yang layak menerima mana saja kami serahkan ke Pemkab penerima," ungkapnya.

Selain dua sapi itu, diserahkan pula bantuan sapi dari Gubernur DIY, Sri Sultan HB X dan Wakil Gubernur DIY, KGPAA Pamu Alam X sebanyak tujuh ekor sapi yang didistribusikan ke tujuh masjid di DIY.

Penerima ketujuh ekor sapi ini meliputi Masjid Masjid Gedhe Kauman; Masjid Agung Puro Paku Alam; Masjid Pangeran Diponegoro, Balaikota Jogja; Masjid Al-Barokah, Prambanan, Sleman; Masjid Al-Amin, Pengasih, Kulonprogo; Masjid Nurul Huda, Dlingo, Bantul; Masjid Al-Muttaqin, Gedangsari, Gunungkidul.

Baca Juga: Gombloh, Sapi 1 Ton Sumbangan Jokowi untuk Kurban di DIY

"Diharapkan para penerima hewan kurban bantuan agar dapat dikelola dan disalurkan dengan baik, benar dan amanah sehingga esensi Idul Adha dapat tercapai," katanya.

Pemilik salah satu sapi bantuan Presiden Joko Widodo, Sulistiyo Hadi, mengatakan sapi peliharaannya saat ini berusia sekitar 3,5 tahun. "Saya beri nama Sonar, kebalikan dari nama yang jual dulu, Narso. Jenisnya Sometal Cross Limosin," ungkapnya.

Sonar kata dia, telah lolos cek kesehatan di Balai Besar Veteriner, Wates. Dengan bobot seberat itu pakan yang yang diberikan pun dua kali lipat dari sapi pada umumnya. Selain pakan rumput, ia juga memberinya obat cacing, vitamin dan kombor yang terdiri dari dedak, ampas tela dan polar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement