Advertisement

Hendak Diserahkan, Sapi Sumbangan Jokowi di Kulonprogo Mengamuk

Jalu Rahman Dewantara
Kamis, 30 Juli 2020 - 17:27 WIB
Budi Cahyana
Hendak Diserahkan, Sapi Sumbangan Jokowi di Kulonprogo Mengamuk Gombloh, sapi sumbangan dari Presiden Jokowi. - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Gombloh, sapi kurban sumbangan Presiden Joko Widodo, untuk penerima bantuan di Kulonprogo sempat mengamuk dan nyaris kabur.

Insiden tersebut terjadi sesaat sebelum sapi jenis simental itu hendak diserahkan secara simbolis oleh Bupati Kulonprogo, Sutedjo, kepada takmir Masjid Al-Iman, Kalurahan Banjarasri, Kapanewon Kalibawang selaku penerima bantuan, di kompleks rumah dinas bupati, Kamis (30/7/2020) sore.

Advertisement

BACA JUGA: Tragis, Pasien Covid-19 Bunuh Diri di Rumah Sakit Surabaya karena Depresi

Sekretaris Panitia Penerimaan dan Penyaluran Hewan Kurban Kulonprogo, Jazil Ambar, mengatakan sapi seberat 930 kg atau hampir mencapai 1 ton itu awalnya diikat di pohon pule dan cemara yang berlokasi di halaman rumah dinas bupati.

Panitia kemudian hendak memindahkan sapi itu ke tempat yang lebih teduh. Namun, Gombloh tiba-tiba mengamuk dan meronta hingga tali yang mengikatnya lepas. “Niatnya kan mau kami pindah ke tempat yang lebih teduh, tapi ternyata malah ngamuk, sampe lepas dan menjebol pohon cemara,”  kata Ambar kepada awak media, di sela penyerahan hewan kurban di halaman rumah dinas bupati, Kamis sore.

BACA JUGA: Warga Bantul Diminta Tidak Gunakan Kresek untuk Bungkus Daging

Setelah lepas dari ikatan, Gombloh, kata Ambar berjalan ke belakang rumah dinas bupati. Di tempat itu, Gombloh dijinakkan oleh panitia dibantu pawang. Gombloh dibiarkan di situ sampai berlangsungnya penyerahan bantuan. "Jadi malah kami buatkan kandang baru di belakang rumah dinas," ujarnya.

Meski sempat diwarnai insiden, penyerahan bantuan itu tetap berlanjut. Namun, penyerahan Gombloh dilangsungkan di belakang rumah dinas bupati. Lainnya, sebanyak tujuh ekor sapi dan 34 ekor kambing diserahkan di halaman depan rumah dinas.

Cupati Kulonprogo, Sutedjo, mengaku tidak melihat langsung insiden tersebut karena terjadi sebelum kegiatan penyerahan bantuan dimulai. "Tadi saya baru rapat di dewan [DPRD Kulonprogo] jadi gatau, tapi memang sapi ini besar dan kuat ya, tadi lihat kan pas lagi penyerahan nyundul-nyundul kandang," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Barbados Mengumumkan Mengakui Palestina Sebagai Sebuah Negara

News
| Sabtu, 20 April 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement