Advertisement

Masih Tanggap Darurat Covid-19, Garebeg Besar di Kraton Jogja Ditiadakan

Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 31 Juli 2020 - 12:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Masih Tanggap Darurat Covid-19, Garebeg Besar di Kraton Jogja Ditiadakan Salah satu gunungan diarak keluar dari Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat dalam proses Grebeg Besar, Rabu (23/8/2018). - Harian Jogja/Sunartono

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Sehubungan dengan masih diberlakukannya status Tanggap Darurat Bencana Covid-19 di DIY, pelaksanaan Garebeg Besar di Kraton Jogja pada Jumat (31/7/2020) atau 10 Besar Wawu 1953 ditiadakan.

Meski demikian, Kraton Jogja tetap membagikan ubarampe gunungan yang berupa rengginang. Proses tersebut akan dipimpin oleh GKR Mangkubumi. Hal ini merupakan wujud konsistensi Kraton Jogja. untuk melestarikan tradisi meski saat pandemi sekaligus mendukung anjuran pemerintah.

Advertisement

Penghageng Kawedanan Hageng Panitrapura GKR Condrokirono menuturkan pelaksanaan agenda digelar dengan tata cara yang sama seperti saat peringatan Idulfitri dengan pertimbangan protokol kesehatan.

“Meskipun upacara Garebeg ditiadakan, esensi dari Garebeg itu sendir itidaklah hilang. Prosesi ini tetap bermakna sebagai ungkapan rasa syukur dan sedekah dari raja kepada kerabat dan rakyatnya. Di samping itu, pelaksanaan Garebeg pada zaman dahulu memang dilakukan dengan membagi-bagikan ubarampe gunungan, bukan dengan merayah atau merebut gunungan seperti dikenal saat ini,” ujar putri kedua Ngarsa Dalem tersebut dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Jumat (31/7/2020).

Pembagian dengan cara tersebut dilakukan karena dianggap dapat meminimalisir kerumunan. “Kegiatan ini hanya akan diikuti oleh Abdi Dalem dan kerabat dekat saja. Semua Abdi Dalem baik yang bertugas maupun yang mengikuti prosesi juga wajib menggunakan masker dan mematuhi standar protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan saling menjaga jarak,” ujar Gusti Kirono.

Adapun ubarampe rengginang yang akan dibagikan berjumlah 2.700 buah, sama banyaknya dengan rengginang pada Gunungan Estri dan Gunungan Dharat saat Upacara Garebeg sebagaimana mestinya.

Ubarampe rengginang mulai dirangkai pada Kamis (30/7/2020) di Bangsal Srimanganti, Kraton Jogja. Setelah rangkaian selesai disiapkan, gerabah tempat ubarampe diletakkan di busanani atau diberikan kain penutup bermotif bangun tulak.

Prosesi ini dilakukan oleh Kanca Abrit dan dipimpin oleh Penghageng KHP WahanaSarta Kriya KRT Kusumanegara. Seluruh ubarampe diinapkan selama satu malam dan selanjutnya akan didistribusikan kepada Abdi Dalem Kraton Jogja, Puro Pakualaman, dan Kepatihan keesokan harinya.

Pengumunan dari Kraton Jogja tersebut juga sudah diunggah di media sosial milik Kraton Jogja, salah satunya Instagram @kratonjogja. 

"Gpp @kratonjogja tahun ini ga ada. Tahun depan yakinlah ada lagi spt semula," balas @jogjaelegan. 

"Terimakasi kraton," timpal @patrickcandra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Instagram

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BNPB Kerahkan Helikopter untuk Evakuasi Korban Erupsi Gunung Raung

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement