Taman Pintar Hadir di YIA, Ini Fasilitasnya

General Manager YIA, Agus Pandu Purnama (empat dari kiri), bersama Walikota Jogja. Haryadi Suyuti, dan Wakil Bupati Kulonprogo, Fajar Gegana, meresmikan Science Corner di YIA, Senin (10/8/2020). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara
10 Agustus 2020 16:27 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—PT Angkasa Pura 1 (AP 1) bekerja sama dengan Taman Pintar Jogja menghadirkan destinasi wisata edukasi bernama Science Corner Taman Pintar di Yogyakarta International Airport.

Kehadiran Taman Pintar versi mini ini bertujuan untuk mengenalkan Jogja sebagai Kota Pendidikan kepada pengguna jasa penerbangan.

"Inisiasi ini selaras dengan misi kami untuk menjadikan bandara yang mengoptimalkan teknologi digital. Dengan hadirnya Science Corner di YIA, kami ingin mengenalkan Jogja sebagai kota pelajar kepada para penumpang,” kata Pts General Manager YIA, Agus Pandu Purnama, seusai peresmian Science Corner di YIA, Senin (10/8/2020).

Science Corner ini terletak di area ruang tunggu penumpang terminal keberangkatan YIA. Tempat ini selaikanya Taman Pintar tapi dalam versi mini, dan terbagi menjadi empat zona.

Zona pertama yakni di bagian depan pintu masuk yang dilengkapi dengan monitor layar sentuh berisi profil dan informasi digital. Zona kedua merupakan area yang terdapat empat alat peraga seperti Magic Floor; Peraga Harpa Tak Berdawai; Peraga Uji Konsentrasi; dan Peraga Cincin Loncat.  Seluruh alat peraga ini nantinya akan diganti secara berkala dengan piranti lainnya yang ada di Taman Pintar Jogja.

Di zona ketiga, pengguna jasa bandara dapat menemukan reading corner atau tempat membaca yang dilengkapi dengan perangkat komputer berisi e-library dan varian buku. Zona keempat, merupakan wahana bermain yang dikhususkan bagi anak-anak berusia di bawah delapan tahun.

"Fasilitas ini bisa diakses sepenuhnya oleh seluruh pengguna jasa penerbangan di YIA," kata Pandu.

Wali Kota Jogja, Haryadi Suyuti, mengapresiasi PT. AP 1 yang telah berinisiatif membawa nuansa Jogja di YIA. Ia berharap kehadiran science corner dapat menjadi sarana untuk mengembangkan dan memperluas layanan kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan literasi sains dengan media pembelajaran yang mudah dipahami dan menyenangkan.

Selain itu lanjutnya juga dapat memperkuat nuansa di bandara bahwa Jogja merupakan pusat pendidikan dan daerah tujuan wisata.  "Bagi pengguna jasa bandara, kami akan tetap memastikan keamanan dan kenyamanan ruang baru ini sebagaimana fasilitas layanan lainnya sesuai dengan protokol kesehatan di masa pandemi saat ini," ujarnya.

Wakil Bupati Kulonprogo, Fajar Gegana, mengatakan keberadaan science corner di bandara YIA akan mendukung potensi seni budaya dan pariwisata di Jogja. Setiap pengunjung dapat semakin mengenali dan tidak melupakan salah satu identitas budaya yang menjadi ikon wisata.

"Inovasi adanya Science Corner di bandara ini merupakan yang pertama hadir di bandara seluruh Indonesia. Hal ini tentunya bisa menambah experiences (pengalaman) bagi para pengguna jasa bandara," ujarnya.

Fajar mengharapkan ke depan makin banyak orang yang memanfaatkan jasa penerbangan dan menggunakan fasilitas-fasilitas yang ada di bandara ini. Sehingga YIA benar-benar menjadi bandara yang nyaman dan memiliki fasilitas yang sangat lengkap.