Penumpang Kereta Api di Jogja Naik 40%, Bagaimana Penerapan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19?

Ilustrasi. - Bisnis/Himawan L Nugraha
18 Agustus 2020 05:57 WIB Herlambang Jati Kusumo Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- Libur panjang jumlah penumpang Kereta Api dinilai mengalami peningkatan. Upaya pencegahan Covid-19 pun menjadi perhatian utama.

Kepala PT. KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Jogja, Asdo Atrivianto mengatakan pada momen weekend ataupun momen liburan untuk jumlah penumpang biasanya memang mengalami peningkatan dibandingkan hari biasa, meski masih dalam pandemi Covid-19.

"Kalau weekday kita lihat permintaan pelanggan, kalau weekend libur panjang bisa sampai 40% jumlah penumpang KA jarak jauh. KA lokal untuk Prameks juga sudah kami jalankan semua," kata Asdo, Senin (17/8/2020).

Baca juga: Malioboro Padat Merayap, Sultan Geram Soal Penjagaan

Pada long weekend dikatakannya KA Jarak Jauh Surabaya, Jakarta, Bandung dijalankan, khususnya untuk Daop 6, KA Argo Dwipangga, KA Taksaka, KA Senja Utama, Kereta api Progo dan kereta Public Service Obligation (PSO), Bengawan, Sri Tanjung. “Okupansi bertambah terus, antisipasi long weekend sudah kami lakukan. Untuk KA bandara memang belum berjalan lagi,” ujarnya.

Asdo mengatakan dari awal pandemi pihak PT KAI melakukan berbagai antisipasi pencegahan Covid-19, salah satunya dengan tiga buku panduan pencegahan Covid-19. Buku pertama panduan untuk pekerja, buku kedua untuk penumpang dan buku ketiga untuk mitra KAI.

Peringati Hari Kemerdekaan

Pada peringatan HUT RI ke-75 tahun, PT KAI Daop 6 juga melakukan upacara bendera secara virtual. Langkah ini dikatakan Asdo sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19, dengan tidak mengumpulkan masa terlalu besar. Setelah kegiatan upacara bendera, dilanjutkan edukasi dan pembagian masker kepada penumpang.

Baca juga: Pemimpin Korut Kim Jong-un Ucapkan Selamat HUT Kemerdekaan ke-75 RI

Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto mengatakan dalam rangka menyambut hari kemerdekaan Daop 6 Yogyakarta selain menambah operasional perjalanan KA, juga bagi-bagi hadiah menarik bagi pelanggan KA, dan mengadakan kampanye gerakan disiplin memakai masker.

“Kegiatan ini bertujuan mengapresiasi minat penumpang untuk tetap memilih moda transportasi kereta api serta memberikan pemahaman ke masyarakat bahwa melakukan perjalanan dengan kereta api aman, nyaman, dan tenang sesuai dengan protokol kesehatan yang diterapkan,” kata Eko.

Pada peringatan 75 tahun Indonesia kali ini dilakukan pembagian hadiah 17 voucher KA Eksekutif, 75 souvenir, dan 1945 Masker kepada penumpang KA. Voucher dan hadiah menarik akan diberikan kepada penumpang KA Senja Utama Solo, Senja Utama Yogya, dan KA Lodaya yang melakukan perjalanan pada hari Senin (17/8/2020) di Stasiun Yogyakarta.

“Caranya adalah, petugas KAI dari Daop 6 Yogyakarta akan melakukan undian kepada penumpang KA yang berangkat pada tanggal 17 Agustus 2020. Masyarakat bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan mulai melakukan pemesanan tiket KA Senja Utama Solo, Senja Utama Yogya, dan KA Lodaya tanggal 17 Agustus 2020, baik melalui kanal eksternal maupun melalui aplikasi pemesanan tiket KAI Access,” ujarnya.