Produk Air Mineral Buatan Sleman Ini Ditarget Mampu Kuasai Pasar

Bupati Sleman Sri Purnomo saat meninjau gudang produksi Daxu, Rabu (19/8/2020). - Harian Jogja/ Abdul Hamid Razak.
21 Agustus 2020 08:27 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Sejak diluncurkan pada 2018 lalu, progres produksi dan bisnis Air Mineral Dalam Kemasan (AMDK) Daxu milik Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PUDAM) Sleman dinilai memiliki prospek yang baik. Pemkab pun mendorong agar Daxu mampu menguasai pasar AMDK di wilayah.

Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan untuk menunjang rencana tersebut Pemkab pun merestui pembangunan gudang produksi AMDK Daxu. Tujuannya agar AMDK produksi BUMD tersebut mampu memenuhi kebutuhan masyarakat yang terus meningkat. Keberadaan gedung produksi ini sebagai langkah untuk mengisi peluang pasar air minum dalam kemasan khususnya di wilayh Sleman yang masih dikuasai oleh produk-produk dari luar Sleman.

BACA JUGA : PDAM Sleman Siap Ambil Alih 6.150 Pelanggan dari Jogja 

"Sudah saatnya kita menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Saya berharap dalam waktu dekat pasar air minum dalam kemasan di wilayah Sleman dapat dikuasai oleh DAXU," ujar Sri saat meresmikan gudang produksi AMDK Daxu di Dusun Pokok, Harjobinangun, Pakem, Rabu (19/8/2020).

Gudang Produksi AMDK tersebut di bangun di atas tanah seluas lahan 5.500 meter persegi dan terdiri dari dua lantai. Gudang tersebut memiliki tiga kapasitas mesin produksi meliputi mesin filling cup yang mampu memproduksi 3.600 cup per-jam, mesin filling botol dengan kemampun produksi 2.000 botol per-jam dan mesin filling galon dengan produksi 120 galon per-jam.

"Kapasitas produksi naik dua kali lipat dibandingkan sebelumnya. Setiap hari untuk cup diproduksi 525 karton, botol 588 dos, dan 840 galon. Ini cukup melayani permintaan pasar," kata Direktur PDAM Tirta Sembada Dwi Nurwata.

Saat ini, katanya, pihaknya menunggu keluarnya izin edar penjualan Daxu untuk umum. Sembari menunggu, pihaknya juga menyiapkan titik-titik lokasi distributor untuk mendistribusikan Daxu. Selain DIY, pihaknya juga membidik wilayah sekitar DIY seperti Klaten, Magelang hingga Purworejo.

BACA JUGA : Cegah Kekeringan, PDAM Sleman Akan Suplai Air Bersih ke

"Di Sleman ada tiga titik, Sleman Barat, Tengah dan Timur. Di kota-kota lainnya juga kami siapkan tentu dengan target-target penjualan yang harus dicapai nanti," kata Dwi.