Advertisement

Khusus Pilkades Antarwaktu di Trirenggo dan Selopamioro Akan Kedepankan Musdes

Jumali
Minggu, 23 Agustus 2020 - 13:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Khusus Pilkades Antarwaktu di Trirenggo dan Selopamioro Akan Kedepankan Musdes Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL - Dua desa di Bantul yakni Trirenggo, Bantul dan Selopamioro, Imogiri, akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) antarwaktu, 20 Desember mendatang.

Berbeda dengan pemilihan lainnya, pemilihan kali ini yang untuk menentukan pengganti kepala desa (kades) yang telah meninggal dunia tersebut, akan menggunakan mekanisme Musyawarah Desa (Musdes).

Advertisement

“Tapi, apabila, dalam musdes tidak ditemukan kata mufakat baru selanjutnya akan dilakukan melalui mekanisme pemilihan,” kata Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Desa Setda Bantul Kurniantoro, Minggu (23/8/2020).

Lebih lanjut dia mengungkapkan, kades yang terpilih nantinya akan menjabat sampai sisa jabatan kades lama habis. Oleh karena itu, dalam pilkades antarwaktu ini, jawatannya berharap lebih mengedepankan musyawarah mufakat.

Menurut dia, pilkades antarwaktu hanya bisa dilakukan apabila ada sisa jabatan kades sebelumnya lebih dari satu tahun. Tapi, jika sisa masa jabatan kurang dari setahun maka akan digantikan pejabat kades sementara.

Sekretaris Daerah (Sekda) Bantul, Helmi Jamharis mengatakan rencana pilkades serentak akan dihelat 27 Desember mendatang, atau usai Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Bantul 9 Desember. Awalnya, Pemkab Bantul berencana menggelar pilkades pada Juni lalu. Akan tetapi, karena adanya pandemi Covid-19, maka pilkades serentak digelar usai Pilkada Bantul.

Adapun 24 desa yang akan menggelar pilkades serentak adalah Desa Tamanan dan Jambidan (Banguntapan), Karangtengah, Karangtalun, Imogiri (Imogiri), Munthuk (Dlingo), Donotirto, Tirtohargo (Kretek), Bangunjiwo, Tirtonirmolo (Kasihan), Canden (Jetis), Pleret, Wonokromo, Segoroyoso, Bawuran (Pleret), Triwidadi, Sendangsari (Pajangan), Caturharjo (Pandak), Gadingharjo, Srigading (Sanden), Srimulyo (Piyungan), Argodadi (Sedayu), Pendowoharjo, Timbulharjo (Sewon).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement