Khusus Pilkades Antarwaktu di Trirenggo dan Selopamioro Akan Kedepankan Musdes

Ilustrasi. - Freepik
23 Agustus 2020 13:27 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Dua desa di Bantul yakni Trirenggo, Bantul dan Selopamioro, Imogiri, akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) antarwaktu, 20 Desember mendatang.

Berbeda dengan pemilihan lainnya, pemilihan kali ini yang untuk menentukan pengganti kepala desa (kades) yang telah meninggal dunia tersebut, akan menggunakan mekanisme Musyawarah Desa (Musdes).

“Tapi, apabila, dalam musdes tidak ditemukan kata mufakat baru selanjutnya akan dilakukan melalui mekanisme pemilihan,” kata Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Desa Setda Bantul Kurniantoro, Minggu (23/8/2020).

Lebih lanjut dia mengungkapkan, kades yang terpilih nantinya akan menjabat sampai sisa jabatan kades lama habis. Oleh karena itu, dalam pilkades antarwaktu ini, jawatannya berharap lebih mengedepankan musyawarah mufakat.

Menurut dia, pilkades antarwaktu hanya bisa dilakukan apabila ada sisa jabatan kades sebelumnya lebih dari satu tahun. Tapi, jika sisa masa jabatan kurang dari setahun maka akan digantikan pejabat kades sementara.

Sekretaris Daerah (Sekda) Bantul, Helmi Jamharis mengatakan rencana pilkades serentak akan dihelat 27 Desember mendatang, atau usai Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Bantul 9 Desember. Awalnya, Pemkab Bantul berencana menggelar pilkades pada Juni lalu. Akan tetapi, karena adanya pandemi Covid-19, maka pilkades serentak digelar usai Pilkada Bantul.

Adapun 24 desa yang akan menggelar pilkades serentak adalah Desa Tamanan dan Jambidan (Banguntapan), Karangtengah, Karangtalun, Imogiri (Imogiri), Munthuk (Dlingo), Donotirto, Tirtohargo (Kretek), Bangunjiwo, Tirtonirmolo (Kasihan), Canden (Jetis), Pleret, Wonokromo, Segoroyoso, Bawuran (Pleret), Triwidadi, Sendangsari (Pajangan), Caturharjo (Pandak), Gadingharjo, Srigading (Sanden), Srimulyo (Piyungan), Argodadi (Sedayu), Pendowoharjo, Timbulharjo (Sewon).