Advertisement

Sekolah yang Nekat Buka Pembelajaran Tatap Muka Diminta Dilaporkan ke Pemkab Sleman

Lajeng Padmaratri
Senin, 24 Agustus 2020 - 19:37 WIB
Bhekti Suryani
Sekolah yang Nekat Buka Pembelajaran Tatap Muka Diminta Dilaporkan ke Pemkab Sleman Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN - Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman sampai saat ini belum berencana menyelenggarakan kelas tatap muka. Sementara ini, pembelajaran selama semester gasal tahun ajaran 2020/2021 masih dilaksanakan secara daring.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Arif Haryono menuturkan pihaknya telah meminta kepada pengawas sekolah untuk melakukan monitoring terhadap sekolah-sekolah di Sleman apabila ada yang melaksanakan pembelajaran secara tatap muka di sekolah.

Advertisement

"Saya minta pengawas untuk melakukan monitoring belajar dari rumah, adakah yang melaksanakan pembelajaran tatap muka. Sampai saat ini dari pengawas belum ada laporan dari pengawas SD atau SMP yang melaksanakan pembelajaran tatap muka," kata Arif pada Senin (24/8/2020).

BACA JUGA: Covid-19 di DIY Sentuh Angka 1.207 Kasus, Hari Ini Tambah 14 Pasien Baru

Selama pembelajaran jarak jauh ini, jawatannya telah menyiapkan materi pembelajaran melalui kanal YouTube Sembada Belajar. Video pembelajaran yang bisa diakses secara daring itu diproduksi oleh Kelompok Kerja Guru (KKG) di Sleman.

Kendati masih dilaksanakan secara daring, Arif mempersilakan bagi sekolah yang memerlukan untuk mengundang siswa untuk datang ke sekolah untuk mengambil atau mengantar tugas. Namun, agenda ini tetap perlu dilakukan secara bergantian untuk meminimalisir kerumunan siswa. Sejauh ini ia juga belum memperbolehkan aktivitas kelas praktikum dilakukan di sekolah.

"Di tahun [ajaran] ini pembelajaran jarak jauh kami upayakan akan lebih efektif. Tadinya [tahun ajaran sebelumnya] kan kita nggak siap, dari segi apapun nggak siap," ungkap Arif.

Supaya pembelajaraan jarak jauh lebih efektif, jawatannya melakukan penyederhanaan kurikulum dan jam belajar-mengajar. "Kompetensi dasar kita sederhanakan yang esensial saja," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement