CEK FAKTA: Kirim Barang Lewat JNE Kena Biaya Asuransi Jutaan Rupiah?

Tangkapan layar pesan berantai tentang biaya asuransi JNE. - turnbackhoax.id
25 Agustus 2020 11:07 WIB Newswire Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Sebuah pesan berantai berisi tentang biaya asuransi kirim barang di JNE yang mencapai jutaan rupiah beredar di media sosial belakangan ini. Dalam pesan tersebut biaya yang harus dikeluarkan customer bisa mencapai Rp1,75 juta.

Berikut ini isi dari pesan berantai tersebut:

Barang yang dikirim melalui jasa Jalur (JNE), pihak JNE menyediakan layanan asuransi bagi para pelanggan. Dengan asuransi tersebut, Setiap Barang Yang Berjumlah 5 Dus Harus Melengkapi Asuransi Selama PSBB.

Baca Juga: Whatsapp Web Bisa Video dengan 50 Orang, Ini Caranya

Karnah Barang ditahan dalam pengiriman jika tidak menyertai dengan Asuransi selaku pelanggan dibebankan untuk semnetara sesuai aturan yang diberlakukan oleh JNE mengurus biaya asuransi sementara senilai rp1.750.000 dan biaya asuransi ini hanya biaya yang bersifat semnetara yang dibebankan kepada pemilik barang dan nanti uang tetap kembali tidak lewat dari 10 menit dan asuransi harus diselesaikan tidak bisa lewat dari 2 jam Setelah proses barang sudah di JNE.

Melalui media sosial Twitter, akun @dewillwy melaporkan sebuah pesan singkat yang mengatasnamakan JNE dengan dalih meminta biaya asuransi senilai jutaan rupiah.

Dilansir dari turnbackhoax.id, menanggapi informasi tersebut, pihak JNE menegaskan bahwa pesan tersebut adalah palsu alias hoaks. JNE mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap pesan singkat yang mengatasnamakan pihaknya.

Baca Juga: Sampaikan Kepengurusan Baru, DPC PPP Sleman Siap Songsong Pilkada

Berikut klarifikasi lengkap oleh pihak JNE:

Siang kak, terkait info tersebut tidak benar kak. Mohon waspada terhadap modus penipuan yg mengatasnamakan JNE ya karena untuk biaya asuransi hanya 0,2% dari harga barang+biaya admin Rp 5.000 (biaya asuransi tdk dikembalikan) kak. Thx ^Irwan

Sumber : turnbackhoax.id