Penambang di Sleman Tewas Tertimpa Longsoran Tebing

Ilustrasi mayat - Ist/Okezone
27 Agustus 2020 18:47 WIB Lajeng Padmaratri Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN-- Seorang penambang pasir di Dusun Tangkisan, Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman dilaporkan meninggal dunia lantaran tertimpa longsoran tebing pada Kamis (27/8/2020) siang.

Kabar ini dikonfirmasi oleh Komandan TRC BPBD Sleman, Sugiyanto. Menurutnya, korban yang merupakan penambang itu bernama Bonar, 55, seorang warga Temanggung, Jawa Tengah.

Ia memaparkan kronologi kejadian bermula ketika korban menambang pasir secara manual dari pukul 08.00 WIB. Saat itu, ada dua armada truk yang siap menampung pasir yang tengah ditambang korban secara manual.

"Kemudian pada Pukul 11:45 WIB terjadi longsoran dari tebing setinggi 20 meter menimpa korban. Saksi langsung melapor ke SAR DIY Unit Cangkringan," jelas Sugiyanto ketika dikonfirmasi pada Kamis sore.

Saksi Amat yang merupakan warga Dusun Petung, Kepuharjo, Cangkringan langsung melapor ke SAR DIY Unit Cangkringan. Petugas jaga piket POS AJU langsung meluncur ke lokasi kejadian dan melakukan evakuasi. Namun, korban sudah meninggal dunia di lokasi kejadian.

Aksi penyelamatan ini turut melibatkan Polsek Cangkringan, Koramil Cangkringan, serta warga sekitar. Proses evakuasi juga menggunakan alat berat yang didatangkan tak jauh dari lokasi kejadian.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolsek Cangkringan, AKP Samiyono membenarkan adanya peristiwa tersebut. "Nyawa korban tidak tertolong," ujarnya.