Pecah Kericuhan di Kawasan Pantai Gunungkidul, Puluhan Pengendara Motor Diamankan Polisi

Ilustrasi. - Reuters/Mussa Qawasma
30 Agustus 2020 21:27 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Tim gabungan Polres Gunungkidul mengamankan puluhan anak muda yang terlibat bentrokan di jalur menuju Pantai Parangracuk, Kapanewon Saptosari pada Minggu (30/8/2020) siang.

Diduga bentrok terjadi karena terjadinya srempetan sepeda motor diantaara di kelompok.

Kapolsek Saptosari, AKP Awal Mursayanto mengatakan, bentrokan diantara kedua rombongan pemotor terjadi karena adanya senggolan saat berpapasan. Akibatnya, ada yang tidak terima dengan kejadian tersebut sehingga terjadi kericuhan di antara kedua kelompok.

“Begitu ada laporan tim langsung bergerak dan mengamankan puluhan pengedara motor yang terlibat kericuhan,” kata Awal saat dikonfirmasi, Minggu sore.

Menurut dia, untuk penanganan tidak hanya dilakukan oleh petugas dari Polsek Saptosari, namun juga melibatkan tim dari Polsek Saptosari dan Polres Gunungkidul. “Massa yang terlibat kericuhan banyak sehingga kasus diserahkan ke polres. Untuk yang diamankan ada puluhan pengendara dan masih dalam penanganan,” ungkapnya.

Awal mengakui pada saat ricuh terjadi kondisi sempat tidak terkendali. Meski demikian, ia memastikan untuk saat ini sudah kondusif karena rombongan yang terlibat bentrok telah diamankan. “Yang diamankan sudah dibawa ke polres,” katanya.

Dia pun berharap kepada pengunjung di pantai untuk berhati-hati sehingga terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Kanit Pidum, Polres Gunungkidul, Iptu Iradat mengatakan, membenarkan adanya rombongan dua kelompok bermotor yang diamankan oleh petugas. Menurut dia, rombongan yang diamankan dalam jumlah yang banyak karena mencapai ratusan orang. “Memang banyak karena kedua kelompok rombongannya dalam jumlah besar. Tapi tidak semuanya dibawa ke polres karena mengerucur kepada 20 orang,” katanya.

Iradat menuturkan, puluhan orang yang diamankan ini sedang menjalani pemeriksaan intensi terkait dengan bentrokan yang sempat terjadi. “Masih diperiksa dan didalami oleh petugas,” katanya.