Advertisement

Pacitan Diguncang Gempa, Getaran Sampai Bantul

Hery Setiawan (ST 18)
Senin, 31 Agustus 2020 - 06:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pacitan Diguncang Gempa, Getaran Sampai Bantul Foto ilustrasi. - Antara Foto

Advertisement

Harianjogja.com, SELAMN - Pada Senin, (31/8/2020) pukul 01.28 WIB gempa berkekuatan 4,7 skala richter mengguncang laut selatan Pulau Jawa. Pusat gempa terletak pada koordinat 8.80 lintang selatan dan 111.22 bujur timur. Lebih tepatnya berjarak 68 km ke arah selatan dari Kota Pacitan, Jawa Timur.

Kepala Stasiun Geofisika Sleman, Agus Riyanto mengatakan dalam keterangan resminya, episenter gempa berada pada kedalaman 65 km. Gempa tersebut, katanya dipicu aktivitas zona subduksi (zona penujaman lempeng tektonik) dan masuk termasuk tipe gempa bumi menengah.

Advertisement

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi," katanya, Senin.

Baca Juga: Curi HP Mantan Pacar Agar Tahu Isi Chat Dugaan Perselingkuhan, Pria Gunungkidul Dipolisikan

Kendati pusat gempa berada di Pacitan, getaran juga dilaporkan terasa di Kabupaten Tulungagung dan Trenggalek. Stasiun Geofisika BMKG Sleman juga mendapat laporan bahwa getaran juga terasa hingga Bantul, meskipun tidak begitu kencang. Rasanya lebih mirip getaran dari truk yang sedang melintas.

Belum ada laporan kerusakan infrastruktur akibat gempa bumi semalam. Hanya saja, laki-laki yang akrab disapa Agus itu memastikan bahwa gempa tersebut tak memicu terjadinya tsunami. Selain itu, Stasiun Geofisika Sleman juga belum mencatat adanya gempa susulan alias aftershock.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar selalu tenang dan “tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya”. Agus juga mengingatkan kepada masyarakat untuk menghindari bangunan rumah yang rusak karena gempa. Sebelum benar-benar kembali masuk ke dalam rumah, pastikan dulu tak ada rusak atau retak yang dapat mempengaruhi kestabilaban rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 5 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Rumah Tersangka Korupsi Timah Harvey Moeis Digeledah Kejagung, Sejumlah Kendaraan Mewah Disita

News
| Sabtu, 20 April 2024, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement