Dapur Milik Lansia di Rongkop Terbakar Gara-gara Api Merembet Saat Membakar Kutu Ayam

Ilustrasi. - Freepik
01 September 2020 06:37 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Dapur rumah milik Mbah Sinem,80, asal Dusun Pringombo, Pringombo, Kalurahan Rongkop terbakar pada Senin (31/8/2020) pagi. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian ditaksir mencapai belasan juta rupiah.

Peritiwa ini bermula saat pemilik rumah berencana membasmi kutu ayam di kandang yang berada di dapur rumah. Cara menghilangkan kutu dilakukan dengan membakar di sekitar kandang. Hanya saja, korban lupa mematikan sisa pembakaran sehingga merembet ke bangunan rumah.

Baca juga: Banyak Warga Menjanda dan Menduda Saat Pandemi, Ini Penyebabnya

Tetangga korban, Supriyanto mengatakan, tidak ada yang tahu persis kapan peristiwa kebakaran terjadi karena saat diketahui api sudah mengepul dari dapur rumah. Hasil penuturan dari korban diketahui habis membakar kutu ayam di kandang. “Kemungkinan lupa mematikan dan api merembet ke dinding dapur,” katanya, kemarin.

Menurut dia, warga pun bergotong royong mematikan api yang melahap dapur milik Mbah Sihnem. Diperkirakan kerugian mencapai Rp15 juta. Meski ada kerugian materi, dalam peristiwa kebakaran tidak sampai menimbulkan korban jiwa karena pemilik selamat. “Pemilik tidak berada dilokasi kebakaran sehingga aman meski mengalami kerugian yang tidak sedikit akibat peristiwa ini,” katanya.