Dua Bapaslon Sudah Mendaftar, KPU Bantul Tetap Buka Pendaftaran Sampai 6 September

Ilustrasi. - Freepik
05 September 2020 12:27 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL--Dua bakal pasangan calon (Bapaslon) bupati dan wakil bupati Bantul pada Pilkada 2020 telah mendaftar di hari pertama pendaftaran, Jumat (4/9/2020). Namun, hal itu tidak membuat KPU Bantul menutup pendaftaran bapaslon yang akan ikut dalam Pilkada 2020, 9 Desember mendatang.

“Kami masih membuka pendaftaran hingga 6 September 2020, pukul 24.00 WIB. Setelah itu baru kami akan melakukan penutupan,” kata Ketua KPU Bantul Didik Joko Nugroho, di kantor KPU, Jumat (4/9/2020).

BACA JUGA : Bertarung di Pilkada Bantul, Ini Kekayaan Suharsono & Abdul 

Dengan masih dibukanya pendaftaran bapaslon, maka masih ada kemungkinan bapaslon mendaftarkan diri. Hanya saja, sampai Jumat (4/9/2020) petang, KPU belum mendengar akan ada calon lainnya yang akan datang. Padahal, beberapa waktu lalu sempat ada keinginan dari Hamdan Handoko yang telah mendeklarasi bersedia menjadi Bacalon Bupati.

“Sejauh ini belum ada calon lainnya yang datang. Hari ini sampai pukul 16.00 WIB, kami mencatat ada dua bapaslon yang telah mendaftar. Baik Suharsono-Totok Sudarto, maupun Abdul Halim Muslih-Joko Budi Purnomo berkas pencalonan kami nyatakan lengkap dan sah, sedangkan berkas calon sudah lengkap. Begitu juga dengan hasi swab test, keempatnya negatif,” terang Didik.

Didik mengungkapkan usai penutupan pendaftaran, nantinya pihaknya akan menetapkan calon bupati dan wakil bupati pada 23 September mendatang. “Untuk nomer urut kami gelar tanggal 24 September mendatang,” ucap Didik.

BACA JUGA : Didukung 7 Partai, Halim-Joko Deklarasikan Diri Maju Pilkada 

Bapaslon Suharsono-Totok Sudarto (Noto) mengawali pendaftaran dengan mendatangi kantor KPU Bantul pada Jumat (4/9/2020) pagi. Rombongan Noto tiba di berangkat dari rumah kediaman Suharsono pada pukul 08.00 WIB dan tiba di kantor KPU Bantul pada pukul 08.25 WIB.

Selain pasangan Noto, hadir pula sejumlah perwakilan partai pendukung yakni Gerindra, PKS, Golkar, PPP dan Nasdem. Setelah cuci tangan dan dicek suhu tubuh, rombongan langsung diterima oleh komisioner KPU Bantul.

Sedangkan Bapaslon Abdul Halim Muslih-Joko Budi Purnomo datang ke kantor KPU pada Jumat (4/9) siang, tepatnya pukul 14.18 WIB. AHM-JP diantar oleh rombongan penari edan-edanan dan 17 orang berbusana surjan dan peranakan bermotif lurik.