Advertisement

Pilkada di DIY Menjadi Panggung Politik Nasdem

Abdul Hamied Razak
Minggu, 06 September 2020 - 11:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pilkada di DIY Menjadi Panggung Politik Nasdem Ketua DPW NasDem DIY Subardi

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN - Tiga kabupaten di provinsi DIY akan menggelar Pilkada, yakni Bantul, Sleman dan Gunungkidul. Seluruh kontestan pilkada di tiga daerah itu dipastikan berasal dari partai politik. Dari sederet parpol pengusung maupun pendukung, Nasdem adalah parpol yang mengirim kadernya sebagai kontestan.

Pada Pilkada Bantul, kader Nasdem Totok Sudarto menjadi cawabup dari Suharsono. Pasangan ini didukung enam partai, yakni NasDem, Gerindra, Golkar, PKS, PPP dan PBB. Koalisi ini memiliki 21 kursi di DPRD.

Advertisement

Di Pilkada Sleman, Sri Muslimatun adalah calon Bupati yang juga Ketua Dewan Pertimbangan Nasdem Sleman. Bersama Cawabup Amin Purnama, pasangan dengan tagline "Mulia" mendapat tiket dari Nasdem, PKS dan Golkar dengan dukungan 14 kursi DPRD.

Di Gunungkidul, Nasdem berani mengusung sendiri pasangan Immawan Wahyudi - Martanti Soenar Dewi. Modal sembilan kursi DPRD, Nasdem akan bersaing dengan tiga koalisi parpol.

Capaian Nasdem tidak lepas dari tangan dingin Ketua DPW Nasdem DIY, Subardi. Sebagai pemikir sekaligus perancang strategi politik, Ia sukses mengirim kader terbaiknya. Bermodal jaringan yang kuat dan mesin partai yang sehat, kini sepak terjang Nasdem semakin diperhitungkan di DIY.

"Kami selalu mengirim kader terbaik untuk berkontestasi. Sistem internal Nasdem mendukung kaderisasi tanpa politik transaksional yang membebani. Eksistensi Nasdem semakin kuat karena spirit merestorasi itu," katanya, Minggu (6/9/2020)

Dengan keikutsertaan kadernya, Subardi berharap, Pilkada tidak hanya diikuti oleh figur yang populer dan "karbitan". Ia ingin menegaskan parpol dapat berperan sinifikan agar pilkada menjadi pertarungan gagasan.

"Parpol harus mewarnai agar pilkada tidak selalu pertarungan antar figur. Kalau dibiarkan, persaingan bukan lagi soal gagasan, tetapi nafsu kekuasaan. Rakyat akan terus menjadi komoditas politik yang menyesatkan," ujar Anggota Komisi VI DPR itu.

Dengan keikutsertaan tiga kadernya, Subardi menilai pilkada DIY menjadi panggung politik bagi NasDem. Ia optimis capaian ini akan berdampak pada kemenangan. "Perjuangan dan kesungguhan kami tidak akan mengecewakan," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Tetapkan 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah, Bos Maskapai Penerbangan Terlibat

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement