Presiden Jokowi Sapa Mahasiswa Baru UGM, Ingatkan Jangan Lupakan Akar

Pelatihan Pembelajar Sukses Mahasiswa Baru (PPSMB) UGM 2020 resmi dibuka Senin (7/9/2020) secara daring. Agenda pembukaan dipusatkan di Balairung UGM. - Ist/Dok. Humas UGM
07 September 2020 14:57 WIB Lajeng Padmaratri Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Masa orientasi mahasiswa baru Universitas Gadjah Mada (UGM) atau yang disebut Pelatihan Pembelajar Sukses Mahasiswa Baru (PPSMB) UGM 2020 resmi dibuka Senin (7/9/2020). Digelar secara daring, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) turut menyapa 9.068 mahasiswa baru kampus ini.

Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan bahwa status sebagai mahasiswa dan kesempatan untuk belajar di perguruan tinggi adalah kesempatan emas untuk belajar, membangun kepemimpinan dan jaringan, serta untuk mempersiapkan masa depan. Sebagai alumnus Fakultas Kehutanan, ia juga mengenang saat dirinya diterima di kampus ini empat puluh tahun lalu.

Baca juga: Jokowi Ingatkan Warga Waspada Klaster Keluarga, Kantor Hingga Pilkada

"Saya selalu pegang teguh apa yang diperoleh ketika kuliah di UGM, bahwa menjadi mahasiswa UGM memang harus berprestasi menjulang tinggi, tapi tidak boleh melupakan akarnya. Akarnya adalah kerakyatan, kecintaan kita kepada rakyat, kepada bangsa dan negara," tuturnya dalam penyambutan mahasiswa baru secara daring pada Senin.

Menurutnya, mahasiswa saat ini menghadapi tantangan untuk terus memperbarui pengetahuan dengan memanfaatkan sarana-sarana yang tersedia, terlebih di era disrupsi ini dan ketika perubahan terjadi dengan begitu cepat.

"Saudara-saudara harus bersiap diri menghadapi era yang baru. Selamat belajar, manfaatkan kesempatan ini semaksimal mungkin, jadilah generasi muda yang unggul untuk Indonesia maju," pesannya.

Baca juga: Jokowi Ingatkan Warga Waspada Klaster Keluarga, Kantor Hingga Pilkada

Meski diselenggarakan di tengah pandemi, tahun ini UGM telah membuka sejumlah rangkaian jalur penerimaan mahasiswa baru, antara lain SNMPTN, SBMPTN, Jalur Mandiri, serta Program Afirmasi Pendidikan Tinggi. Dari rangkaian ini, terjaring 7.927 mahasiswa program sarjana dan 1.141 mahasiswa program diploma.

Sementara itu, Rektor UGM, Prof. Panut Mulyono berharap seluruh rangkaian pemberian materi dalam kegiatan PPSMB yang akan berlangsung sampai Sabtu (12/9/2020) ini bisa memberikan bekal pada mahasiswa baru. Momen ini juga menurutnya perlu menjadi langkah awal mahasiswa baru untuk menciptakan karya yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia sekaligus dunia.

Ia menambahkan, setelah resmi menjadi mahasiswa UGM, ribuan mahasiswa baru ini akan masuk dalam babak baru kehidupan dan perjuangan. "Bukan hanya untuk meraih masa depan sendiri, namun juga berjuang agar dapat berkontribusi pada masa depan Indonesia yang berkeadaban mulia," pesannya.