Muncul Lagi Kasus Baru, Lurah di Kotabaru Jogja Terinfeksi Corona

Ilustrasi. - Freepik
08 September 2020 21:37 WIB Catur Dwi Janati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Sejumlah kasus baru Covid-19 muncul di Kota Jogja. Yakni kasus Covid-19 klaster soto Lamongan, pedagang Malioboro hingga KUA Kecamatan Danurejan.

Kini muncul lagi kasus baru yang menginfeksi seorang lurah. Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Jogja, Heroe Poerwadi pada Selasa (8/9/2020) menyatakam belum selesai tracing dari beberapa kasus sebelumnya kasus baru muncul dari Kotabaru. "Semula dari seorang lelaki dan kemudian menularkan kepada seorang lurah dan Kasat Linmas Kelurahan," ujarnya, Selasa.

Akibat kasus Kotabaru dan Klaster Soto Lamongan, ada dua ASN dan dua tenaga teknis Pemkot Jogja terpapar Covid-19. "Dua karena kasus Kotabaru dan dua dari pembeli soto Lamongan, sedangkan enam pembeli soro Lamongan dari ASN, hasil swabnya negatif," ujar Heroe.

Sementara itu laporan dari kasus lainnya yakni dadi KUA Danurejan. Terjadi penambahan kasus Covid-19 dari suami salah seorang staf kantor KUA tersebut. Hingga kini Heroe masih terus dilakukan tracing untuk bisa mencegah sebaran virus dari kasus KUA Danurejan. Tambahan ini membuat jumlah kasus dari sebaran KUA Danurejan berjumlah enam orang.

Diterangkan Heroe bahwa dari ketiga kasus yang ada yakni kasus KUA Danurejan, PKL Malioboro dan kasus toko kelontong tidak saling terkait dalam sebaran virusnya. Dia menjelaskan bahwa kasus KUA Danurejan diduga terkait riwayat perjalanan staf dari luar Kota. Sementara kasus toko kelontong terkait suami yang memiliki mobilitas tinggi sedangkan kasus Malioboro masih belum ditemukan penyebab asalnya. "Jadi itu kasus terpisah, hanya saja ada di dalam wilayah Danurejan, yang tempatnya juga agak berjauhan," jelas Heroe.