Sehari Sebelumnya Masih Sehat Bugar, Anggota DPRD DIY Meninggal karena Stroke

Agus Sumartono - Facebook Agus Sumartono
13 September 2020 12:47 WIB Lugas Subarkah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Anggota DPRD DIY Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Agus Sumartono, tutup usia pada Sabtu (12/9/2020). Wakil Ketua Fraksi PKS DPRD DIY ini meninggal dunia pada pukul 18.06 WIB di Ruang ICU Rumah Sakit UII akibat penyakit stroke pendarahan.

Kepala Bidang Kesejahteraan Masyarakat Dewan Pimpinan Wilayah PKS DIY, Nurhidayat, mengatakan  almarhum telah meninggal disebabkan stroke. “Semoga Allah mengampunkan khilafnya dan menerima amal salehnya,” ujarnya, Minggu (13/9/2020).

Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana, menuturkan jenazah dimakamkan di dekat rumah duka, di dusun Karangmojo, Desa Trirenggo, Bantul, Minggu (13/9/2020) pukul 10.00 WIB. “Penghormatan kepada jenazah dilakukan di rumah duka, tidak di kantor DPRD DIY, mengingat situasi dan kondisi,” katanya.

BACA JUGA: Di Sleman, Wisata Alam Dinilai Paling Konsisten Terapkan AKB Masa Pandemi Covid-19

Ia juga mengatakan almarhum yang kerap disapa Gus Ton semasa hidupnya itu meninggal dunia karena stroke. Berdasarkan keterangannya, almarhum memiliki beberapa riwayat penyakit meliputi jantung, hipertensi dan gula, sehingga pernah menjalani perawatan rumah sakit.

Huda mengatakan sehari sebelum meninggal yakni pada Jumat (11//2020), Gus Ton masih terlihat sehat dan mengikuti kegiatan DPRD DIY.

BACA JUGA: Anggap PSBB Total Tak Menyelesaikan Masalah, Ini Saran dari Orang Terkaya di Indonesia

Ia memastikan almarhum meninggal bukan karena Covid-19. Ini dibuktikan dengan hasil tes Covid-19 negatif. “Sudah dikonfirmasi kepada dokter jika beliau meninggal dunia akibat stroke pada batang otak, bukan karena Covid-19,” katanya.

Anggota DPRD yang juga dari fraksi PKS ini juga turut mendoakan almarhum beserta keluarga yang ditinggalkan. “Semoga beliau khusnul khatimah. Keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran, kekuatan serta kemudahan dalam menjalani kehidupan,” kata dia.

Semasa hidupnya, Gus Ton dikenal sebagai politikus yang kritis terhadap persoalan publik, khususnya yang terjadi di DIY. Dalam urusan pekerjaan ia juga dikenal rajin dan menjadi panutan rekan-rekannya di DPRD DIY.