Seorang Pedagang Pasar Beringharjo Dinyatakan Positif Covid-19, Ada Belasan Orang Kontak Erat

Petugas Dinas Kesehatan Kota Jogja meneliti sampel darah para pedagang dalam tes cepat atau Rapid Diagnostic Test (RDT) Covid-19 di Pasar Beringharjo, Jogja, Rabu (03/06/2020). - Harian Jogja/Desi Suryanto
14 September 2020 20:10 WIB Catur Dwi Janati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Seorang pedagang Pasar Beringharjo yang sehari-hari berjualan di sisi timur dinyatakan positif Covid-19. Belasan orang dilakukan tracing dan kawasan pasar disemprot disinfektan.

Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Jogja, Heroe Poerwadi pada Senin (14/9/2020) petang menyampaikan ada satu pedagang di Pasar Beringharjo Timur dinyatakan positif. Pada bagian timur mayoritas memang diisi pedagang yang berjualan kebutuhan pokok dan sayur mayur. Dijelaskan Heroe bahwa penjual yang terpapar merupakan pedagang sayuran gori (nangka).

BACA JUGA : Pedagang di Malioboro Meninggal Dunia Setelah Terinfeksi 

Heroe menceritakan pedagang gori yang terpapar Covid-19 awalnya menunjukkan gejala batuk. Kemudian pada akhir Agustus yang bersangkutan diminta untuk beristirahat penuh di rumah. Dari hasil RDT pedagang tersebut dinyatakan reaktif, lalu dites swab dan terkonfirmasi positif Covid-19.

"Hari ini ada satu pedagang Beringharjo Timur yang jualan kebutuhan pokok sayur mayur positif [Covid-19]. Bergejala batuk. Terus akhir Agustus diminta istirahat di rumah, kemudian rapid test reaktif, dan ikut swab hasilnya positif. Dan semalam diinformasikan ke Disperindag," terangnya.

Akibat adanya kasus ini maka pada Selasa (15/9/2020) Pasar Beringharjo Timur akan diliburkan karena lokasi berjualan akan disemprto disinfektan. "Besok pagi Pasar Beringharjo Timur yang jadi tempat jual kebutuhan pokok akan dilakukan semprotan desinfektan sehingga [pedagang] diliburkan," tegasnya.

BACA JUGA : Satu Lagi PKL Malioboro Positif Covid-19

Ia menambahkan ada 18 orang yang kontak erat dengan pedagang tersebut yang akan diperiksa melalui uji swab.“Hari ini ada tracing terhadap 18 yang berdekatan dan kontak erat dengan pedagang gori. Besok pagi pasar Beringharjo Timur yang jual kebutuhan pokok akan dilakukan semprotan disinfektan sehingga diliburkan,” katanya.