DIY Rekor 74 Kasus Covid-19, Sultan: Ora Papa, Kita Adaptasi Saja

Sri Sultan HB X - Harian Jogja/Lugas Subarkah
19 September 2020 18:17 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Gubernur DIY Sri Sultan HB X menanggapi rekor tertinggi kasus positif Covid-19 di DIY pada Sabtu (19/9/2020). Sultan menilai saat ini yang paling utama adalah beradaptasi dengan kebiasaan baru dengan tidak menakut-menakuti.

Raja Kraton Jogja ini mengatakan tidak masalah meski Sabtu ini DIY mencatat rekor tertinggi penambahan kasus Covid-19, yakni 74 pasien baru. Pasien yang positif tersebut telah ditangani dengan baik di rumah sakit.

BACA JUGA: Penumpang Positif Covid-19, Citilink Indonesia Kena Sanksi

"Ora papa nek positif yo wes nang rumah sakit [tidak apa-apa kalau positif ya dirawat di rumah sakit]," katanya di seusai Ground Breaking Grha Padmanaba Sabtu (20/8/2020) sore.

HB X mengatakan saat ini lebih baik beradaptasi karena masyarakat butuh penghidupan. "Kita adaptasi aja jangan menakut-nakuti, teneh [kalau semua harus ditutup] rakyat Jogja laper mengko," ucapnya.

Sultan juga mengingatkan pentingnya protokol kesehatan untuk meredam penyebaran Covid-19 di tempat umum seperti Malioboro.

BACA JUGA: Lagi, Birokrat Pemprov DKI Meninggal karena Covid-19

"Protokolnya ora lalu itu aja [Intinya jangan melupakan protokol kesehatan], itu [Malioboro] tanggung jawab Pak Wali Kota Jogja," ujarnya. 

Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan Covid-19 Berty Murtiningsih menyatakan penambahan kasus Covid-19 hari ini mencapai 74 kasus. Angka itu merupakan tertinggi sepanjang Covid-19 masuk DIY. "Ya, paling tinggi, terakhir kita [kasus DIY] secara harian tertinggi 67 kasus," katanya.

Ia menambahkan penambahan kasus itu merupakan hasil tracing, mengingat beberapa waktu lalu kasus meningkat sehingga tracing kontak juga bertambah.

"Di DIY setiap kategori kontak erat akan kami lakukan tes PCR, tidak hanya isolasi," jelasnya.