PDI Perjuangan Gelar Pelatihan bagi Pelatih Saksi Pilkada 2020

Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) DPD PDI Perjuangan DIY menggelar pelatihan untuk pelatih (training of trainers) saksi PDI Perjuangan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020, Sabtu (19/9/2020). - Istimewa
19 September 2020 19:47 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA -- Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) DPD PDI Perjuangan DIY menggelar pelatihan untuk pelatih (training of trainers) saksi PDI Perjuangan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020. 

Pelatihan yang diikuti BSPN Cabang PDI Perjuangan se-DIY, terutama kabupaten-kabupaten yang akan mengikuti pilkada pada 2020 tersebut berlangsung di Pandanaran Hotel, Jalan Prawirotaman No.38, Kota Jogja, Sabtu (19/9/2020). 

Yustina Yuyut, Kepala BSPN selaku pelaksana/penanggung jawab kegiatan, mengatakan training of trainers dilakukan sebagai persiapan saksi partai menghadapi Pilkada 2020.

"Tujuan kegiatan ini adalah untuk upgrade/peningkatan kualitas pemateri/pelatih saksi BSPN DPD dan DPC PDI Perjuangan DIY untuk mempersiapkan dan membekali saksi dalam pemungutan dan pengamanan data Pilkada serentak 2020," kata Yustina Yuyut dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (19/9/2020). 

Menurut Yustina, materi pelatihan meliputi rekrutmen dan seleksi guraklin dan saksi, pelatihan pelatihan dan saksi guraklin, pelatihan guraklin dan saksi, penugasan pelatih guraklin dan saksi, pembinaan guraklin dan saksi, pengawalan suaran oleh guraklin, dan pengamanan suara oleh saksi.

PDI Perjuangan DIY mengajukan tiga pasang calon bupati/wakil bupati untuk pilkada di tiga kabupaten, yakni Sleman, Bantul, dan Gunungkidul.

Di Sleman, PDI Perjuangan berkoalisi dengan Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Demokrat serta didukung Partai  Gelora Indonesia mengusung pasangan cabup-cawabup Kustini Sri  Purnomo dan Danang Maharsa.

Di Kabupaten Bantul, PDI Perjuangan berkoalisi dengan PKB, PAN, Partai Demokrat dan didukung PBB, PSI dan Partai Gelora Indonesia mengusung pasangan cabup-cawabup Abdul Halim Muslih dan Joko Purnomo. Di Gunungkidul, PDI Perjuangan yang didukung Partai Gelora Indonesia mengusung pasangan cabup-cawabup  Bambang Wisnu Handoyo dan Benyamin Sudarmadi.