Mengaku Sebagai Bupati Kulonprogo, Penipu Minta Uang Pada Pemilik Ponpes

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
21 September 2020 10:57 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO-- Modus penipuan dengan mencatut nama pejabat di lingkungan Pemkab Kulonprogo kembali terjadi. Tak tanggung-tanggung, kali ini pelakunya mengaku sebagai Bupati Kulonprogo, Sutedjo dan meminta sejumlah uang kepada sejumlah pemilik pondok pesantren di Kulonprogo.

Dalam aksi tersebut, pelaku meminta ditransfer uang dengan dalih akan digunakan untuk membantu pemenuhan kebutuhan anak yatim piatu. Beruntung aksi yang diketahui terjadi pada pekan lalu itu tidak sampai menyebabkan korbannya tertipu. Sebab calon korban langsung menkonfirmasi hal itu kepada Sutedjo.

Baca juga: Lakalantas di Depan Markas Kodim Jogja Libatkan Dua Motor dan Satu Mobil

"Iya kemarin memang sempat ada yang mau nipu pakai identitas saya lewat Whatsapp, foto profilnya juga pakai foto saya. Nah sasarannya itu pemilik ponpes, katanya minta ditransfer uang buat anak yatim, tapi saya tegaskan bahwa itu bukan saya," kata Sutedjo saat dikonfirmasi, Senin (21/9/2020).

Atas hal itu, Sutedjo meminta kepada siapapun yang pernah dikontak oleh pelaku untuk jangan ditanggapi. Masyarakat perlu lebih waspada dan jika perlu bisa segera melaporkan hal ini ke kepolisian atau pemkab guna mendapat klarifikasi langsung.

Baca juga: Awas! Gelombang Tinggi Diprediksi Landa Perairan DIY sampai Besok

"Kalau perlu, nomor tersebut diblokir, kalaupun bisa diketahui orangnya dan dapat ketemu secara fisik laporkan saja pada polisi atau aparat keamanan,” ucap Sutedjo.

Penipuan mengatasnamakan pejabat Pemkab Kulonprogo bukan kali itu saja terjadi. Sebelumnya, nama Wakil Bupati Kulonprogo, Fajar Gegana juga sempat dicatut dalam aksi ini. Tak hanya pejabat, nama sejumlah wartawan yang tergabung dalam Paguyuban Wartawan Kulonprogo pun pernah menjadi sasarannya. Beruntung tidak ada korban yang tertipu atas aksi tersebut.