Kelola Administrasi Berbasis Teknologi Informasi, BKR Asti Jingga Langganan Juara

Pengurus BKR Asti Jingga menerima simbolik juara 1 lomba BKR tingkat Provinsi DIY, beberapa waktu lalu. - ist.
24 September 2020 12:57 WIB Lugas Subarkah Jogja Share :

Harianjogja.com, KOTAGEDE--Anak dan remaja merupakan generasi penerus yang perlu diperhatikan perkembangannya. Sebagai lingkup sosial terdekat, keluarga memiliki peran penting dalam memberikan pola asuh yang tepat kepada anak dan remaja, yang salah satunya difasilitasi oleh Bina Keluarga Remaja (BKR).

Di Kelurahan Purbayan, Kotagede, BKR senantiasa dikembangkan hingga pada Sabtu (19/9/2020) lalu, salah satu BKR yang ebrada di RW 5 Purbayan, BKR Asti Jingga, berhasil meraih juara 1 dalam Lomba BKR tingkat Provinsi DIY 2020.

BACA JUGA : Sekolah Lansia Dibuka di Kulonprogo

Ketua BKR Asti Jingga, Siti Mutiah menjelaskan BKR Asti Jingga sebenarnya pada prinsipnya sama dengan BKR pada umumnya, hanya BKR Asti Jingga memiliki konsistensi dan kedisiplinan dalam menjalankan kegiatannya sehingga mampu meraih juara pertama tersebut. “Kegiatannya sama, tapi mungkin karena kami lebih konsisten,” ujarnya, Rabu (23/9/2020).

BKR Asti Jingga juga memiliki kelebihan dalam administrasi yang sudah berbasis IT. Di masa pandemi covid-19 ini, pertemuan juga bisa tetap berjalan secara daring dan melalui media sosial seperti whatsapp, Instagram dan Facebook sehingga bisa tetap melakukan kegiatan.

Lomba kali ini bukan pertama kalinya BKR Asti Jingga keluar sebagai juara. Pada 2017, BKR Asti Jingga tercatat sebagai juara 3 lomba BKR tingkat Kota Jogja, kemudian pada 2019, BKR Asti Jingga berhasil menjadi juara 1 lomba BKR tingkat Kota Jogja.

BACA JUGA : BKKBN Usul Undang-Undang Keluarga Nasional Tidak

BKR Asti Jingga telah terbentuk pada Oktober 2014 silam. Beberapa kegiatan BKR Asti Jingga diantaranya pertemuan sebulan sekali setiap tanggal 16, senam pada minggu pagi bersama PKK, dan lainnya. Selama pandemic covid-19 pihaknya tidak menggelar pertemuan tatap muka, melainkan melalui daring.

Lurah Purbayan, Ari Suryani, mengatakan BKR ertugas memberikan sosialisasi kepada orang tua yang memiliki anak remaja agar pembimbingan dan pendidikan anak remaja tersebut terarah. “Harapannya dengan juara ini semoga semakin mendorong untuk bisa lebih baik dalam pelayanan masyarakat,” ujarnya.

Camat Kotagede, Rajwan Taufiq, mengapresiasi BKR Asti Jingga atas prestasi dan kerja keras yang selama ini dijalankan, dengan terus membina remaja, meski di tengah pandemi covid-19. “Semoga dapat memberi semangat pada BKR yang lain di Kotagede,” ungkapnya.