Ini Langkah Kepolisian Antisipasi Adanya Massa Pendukung saat Pengundian Nomor Urut

Ilustrasi. - Freepik
24 September 2020 08:27 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Polres Bantul melakukan sejumlah langkah untuk mengamankan jalannya proses pengundian nomor urut pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Bantul yang digelar Kamis (24/9/2020).

Kapolres Bantul, AKBP Wachyu Tri Budi S, mengatakan siap mengamankan jalannya pengundian nomor urut calon. Di samping itu, KPU juga telah menyiapkan kartu pengenal khusus untuk membatasi peserta yang mengikuti undian nomor urut paslon.

BACA JUGA : Paslon yang Positif Covid-19 Akan Kebagian Nomor Urut Sisa

“Karena nanti yang boleh ke halaman KPU Bantul dan tempat pengundian nomor urut hanya mereka yang menggunakan kartu pengenal. Kami juga siap untuk mengalihkan massa yang akan datang. Begitu ada pergerakan, kami alihkan ke jalan lainnya,” papar Kapolres, Rabu (24/9/2020).

Sementara Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bantul Harlina mengatakan, saat ini indeks kerawanan Pemilu terkait pandemi Covid-19 di Bantul cukup tinggi. Oleh karena itu, pihaknya meminta semu pihak untuk mengedepankan protokol kesehatan.

BACA JUGA : KPU Larang Paslon Bawa Pendukung saat Pengundian 

Sebab, sejauh ini, Bawaslu melihat masih banyak pihak tidak mematuhi protokol kesehatan. “Untuk itu kami meminta semua mendisiplinkan diri terkait penerapan protokol kesehatan,” harapnya.