Advertisement

UAD Gelar Pelatihan Aplikasi Perkantoran untuk Guru PAUD/TK

Yudhi Kusdiyanto
Senin, 28 September 2020 - 06:07 WIB
Yudhi Kusdiyanto
UAD Gelar Pelatihan Aplikasi Perkantoran untuk Guru PAUD/TK Acara pelatihan aplikasi perkantoran untuk aktivitas guru TK/PAUD Aisyiyah se-Kecamatan Banguntapan, Bantul, Sabtu (19/9/2020). - Istimewa/Dokumen UAD\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pandemi Covid-19 memengaruhi berbagai sektor kehidupan, salah satunya bidang pendidikan. Saat ini, seluruh sekolah menggelar pembelajaran daring atau online. Beberapa sekolah yang melaksanakan pembelajaran daring di antaranya TK/PAUD Aisyiyah se-Kecamatan Banguntapan, Bantul.

Dalam pembelajaran daring, sebagian besar guru terkendala pemanfaatan teknologi seperti kesulitan membuat bahan ajar yang interaktif, mengelola file untuk proses belajar mengajar, serta mengelola dan membagikan jadwal pembelajaran secara digital.

Advertisement

Untuk membantu mengatasi persoalan ini, tim dosen dari Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang terdiri dari Murein Miksa Mardhia; Fitri Indra Indikawati; dan Miftahhurahma Rosyda dari Teknik Informatika, bekerja sama dengan PC Aisyiyah menggelar pelatihan aplikasi perkantoran. Acara didukung oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UAD.

Pelatihan diselenggarakan untuk memberdayakan pengajar TK/PAUD dalam peningkatan kualitas dalam karya dan keterampilan saat pandemi Covid-19 melalui pengaplikasian teknologi sederhana seperti Power Point, Google Drive, dan Google Calendar.

Kegiatan pelatihan dibagi menjadi dua tahap, yaitu tahap pertama pada 6 Juni 2020 dan tahap kedua Sabtu (19/9). Dalam pelatihan, peserta yang merupakan guru TK/PAUD diajarkan cara memanfaatkan aplikasi perkantoran untuk aktivitas guru dan masyarakat di lingkungan PC Aisyiyah Banguntapan. Pada tahap pertama, peserta diberikan pelatihan penggunaan aplikasi untuk pembuatan materi ajar dan pembuatan video interaktif menggunakan Power Point. Pelatihan tahap kedua yang dilaksanakan di TK ABA Tegalsari, Banguntapan, berupa penyuluhan dan pelatihan mengelola file dalam aplikasi Google Drive dan membuat agenda menggunakan Google Calendar.

Dari hasil pelatihan, sebanyak 90% peserta merasa puas dan bersedia mengikuti kegiatan selanjutnya. Sebanyak 97% peserta merasakan manfaat berupa penambahan pengetahuan dalam penggunaan aplikasi perkantoran. “Dengan adanya kegiatan ini kami mengharapkan mempunyai kompetensi bahwa di era sekarang, kami harus akrab dengan teknologi dan memacu motivasi dalam menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. Penggunaan teknologi juga sangat memudahkan,” tutur Titik Sunarti, Ketua Majelis Dikdasmen PC Aisyiyah Banguntapan Utara, seperti dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Minggu (27/9).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Program Desa Bersih Narkoba Bisa Menggunakan Dana Desa

News
| Selasa, 23 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement