Pengurus PPS Bantul Dilantik untuk Menjaga Pancasila Tetap Sakti

Pelantikan Pengurus Pembela Pancasila Sakti (PPS) Bantul di Gandung Pardiman Center (GPC), Karangtengah, Imogiri, Bantul Sabtu (26/9/2020). - Ist.
28 September 2020 08:47 WIB Sunartono Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL--Pengurus Pembela Pancasila Sakti (PPS) Kabupaten Bantul secara resmi dilantik oleh Gandung Pardiman untuk menjalankan roda organisasi di Gandung Pardiman Center (GPC), Karangtengah, Imogiri, Bantul Sabtu (26/9/2020). PPS terbuka bagi masyarakat untuk bekerja sama dengan catatan memiliki kecintaan terhadap pancasila. Pengurus PPS sendiri siap mempertahankan dan menjaga pancasila agar tetap sakti.

Dewan Pembina PPS Gandung Pardiman menjelaskan keberadaan PPS nantinya bisa berfungsi secara umum tidak semata-mata bergerak pada persoalan ideologi. Namun akan diarahkan bisa hadir melalui berbagai aksi sosial termasuk mendukung upaya pengurangan angka kemiskinan melalui kegiatan ekonomi di desa. Sehingga PPS membuka peluang kerja sama dengan pihak manapun dengan catatan memiliki nafas yang sama akan kecintaan terhadap pancasila. Bahwa pancasila menjadi ideologi bangsa yang sudah final dan tidak bisa diganti.

BACA JUGA : GKR Hemas: Sudahi Perdebatan Soal Pancasila

"Ketika ada bencana alam, bakti sosial PPS harus hadir, kegiatan sosial kemasyarakatan termasuk mengurangi kemiskinan. PPS bisa kerja sama dengan siapa pun yang memiliki kecintaan terhadap pancasila dalam sikap pola pikir dan pola tindak nyata," kata Gandung yang juga anggota DPR RI.

Gandung mengatakan PPS berbeda dengan Gerakan Pasukan Anti Komunis (Gepako) yang sebelumnya sudah terbentuk. Jika Gepako berada di bawa Partai Golkar, PPS sendiri lebih bersifat umum dan berada di luar partai. AD/ART PPS akan segera diajukan untuk mendapatkan pengesahan dari Kemenkumham.

"PPS ini lebih multidimensi, siapa pun boleh masuk nanti yang penting, setia pada pancasila. Setelah pembentukan ini kami akan mengundang diklat pancasila dengan melibatkan beberapa akademisi, tokoh empiris di lapangan. Kita ingin pahatkan pancasila di hati sanubari, kami ingin pancasila tetap sakti meski pun diciderai," katanya.

BACA JUGA : Harapan Mensos untuk Pemuda di Hari Lahir Pancasila

Adapun pengurus PPS Bantul yang dilantik antara lain menjabat sebagai Ketua yaitu Ilham Widihantoro, Sekretaris Sudaryanto kemudian bendahara Anis Lestari. Organisasi ini juga dilengkapi didampingi pengurus delapan bidang organisasi untuk menguatkan berbagai program. Ilham menyatakan kesiapannya dalam membela pancasila agar tetap sakti. Pihaknya akan menjalankan sejumlah program dalam rangka memutar roda organisasinya ke depan.